Kompas.com - 06/11/2019, 06:05 WIB

KOMPAS.com - Berusaha mengeluarkan komedo menjelang acara penting tampaknya bukan ide yang bagus. Pasalnya, komedo bukanlah sesuatu yang bisa diatasi tanpa bantuan ahli. Karena bagaimanapun juga, komedo adalah sejenis jerawat.

Mengeluarkannya dengan paksa justru bisa menimbulkan luka dan pembengkakan.

Munculya komedo umumnya karena ada sumbatan folikel rambut. Entah itu karena produksi minyak yang telalu banyak ataupun karena kulit mati, sehingga menyumbat pori-pori dan muncul kehitaman atau blackheads. Warna hitam ini muncul karena paparan oksigen yang membuat kulit menggelap.

Tetapi ketika pori-pori tertutup sepenuhnya, jerawat yang muncul disebut whiteheads dan umumnya lebih terlihat.

Komedo sering kali ditemukan di wajah, terutama hidung, karena itu tak jarang muncul keinginan untuk mengeluarkannya dari pori-pori tanpa bantuan profesional. Tapi sebenarnya, komedo juga dapat muncul di telinga, bahu, dan punggung lho.

Baca juga: Penyebab Komedo di Hidung dan Cara Menghilangkannya

Untuk terbebas dari komedo, penting melakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat. Karena, komedo tak bisa disingkirkan hanya dengan pinset.

Selain itu ada beberapa solusi alami yang bisa dicoba, aman untuk kulit dan bisa membantu membebaskan kulit dari komedo.

1. Uap panas

Rebus air semangkuk besar. Kemudian tempatkan wajah di atas air panas tersebut, tutupi kepala dengan handuk.

Biarkan pori-pori menyerap uap panas dan melemaskan komedo. Ini akan membuat komedo lebih mudah keluar.

2. Sikat wajah elektronik

Sikat wajah elektronik adalah alat yang efektif untuk pengelupasan dan membersihkan kulit, untuk mencegah pembentukan komedo.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.