Cara Andien Ajarkan Anak Negosiasi dan Mencapai Keinginan

Kompas.com - 06/11/2019, 12:30 WIB
Penyanyi Andien Aisyah meluncurkan buku Belahan Jantungku di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Senin (4/11/2019). KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG Penyanyi Andien Aisyah meluncurkan buku Belahan Jantungku di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Senin (4/11/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com— Penyani Andien Aisyah punya cara khusus untuk mengajarkan putranya Anaku Askara Biru bernegosiasi.

Negosiasi dikenalkan oleh Andien pada Kawa dengan meminta putranya yang baru berusia 2 tahun 8 bulan tersebut untuk memilih.

 “Jadi kita banyak meminta dia untuk memilih. Memilih dengan konsekuensi,” kata Andien saat ditemui di kawasan Blok M, Jakarta Selatan.

Kawa selalu diminta untuk menentukan pilihan saat dihadapkan dengan situasi membingungkan.

“Saat ini mungkin dia, tahap bisa memilih tahap pertama yang enak dan tidak enak. Kedua enak dan enak. Anak kecenderungannya enak dan enak,” kata Andien lagi.

Selain itu, Andien juga menjelaskan pada Kawa tentang bagaimana menggapai keinginan untuk memiliki sesuatu.

Pelantun “Gemintang” ini bercerita, suatu saat Kawa ingin sesuatu yang harus dibeli dengan uang. Andien lantas menjelaskan bahwa uang diperoleh dengan bekerja.

“Terus dia bilang uang bisa dari ibu, aku bilang enggak bisa, uang harus dari kerja. Ibu kerja nyanyi, terus dia bilang ‘kalau gitu Kawa mau kerja’,” ujar Andien.

Baca juga: Andien Aisyah Berbagi Pengalaman Jadi Orangtua di Belahan Jantungku

Andien pun lantas memberikan izin Kawa untuk bekerja dengan mengiringinya menyanyi di Festival Sewindu Tulus.

“Tapi dia konsisten aku ajak ke atas panggung dia enggak lari kemana-mana. Tetap stay di panggung, bekerja versi dia,” kata Andien.

Bagi Andien, hal ini dilakukan untuk memberikan pengertian pada putranya tentang fakta kehidupan.

“Jadi aku sebisa mungkin dia dari kecil aku bicara fakta saja. Bukan sesuatu yang ngawang kemudian nanti kita ubah lagi. Biar dia tahu,” ujar Andien.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X