Pesta Belanja 11.11 Ternyata Makin Populer

Kompas.com - 06/11/2019, 13:58 WIB
ilustrasi belanja online Shutterstockilustrasi belanja online
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Salah satu pesta belanja online terbesar di Indonesia yaitu Singles Days atau 11.11 akan kembali digelar pada 11 November mendatang.

Berawal dari tradisi perayaan hari jomblo di China setiap tanggal 11 November, Alibaba memanfaatkan momen ini sebagai ajang promosi platform e-commerce baru.

Hasilnya, Alibaba mampu menghasilkan perputaran uang ratusan triliun rupiah yang menjadikan beberapa pelaku e-commerce lain tergerak untuk berpartisipasi dalam festival Singles Day selanjutnya.

Kesuksesan ini membuat pesta belanja online singles day rutin dirayakan di beberapa negara lain seperti Indonesia, Malaysia, Singapura Thailand Filipina dan Vietnam.

Bahkan, menurut riset yang dilakukan situs berhemat CupoNation, volume penelusuran online untuk kata kunci 11.11 di Indonesia terus meningkat di 2 tahun terakhir.

Berdasarkan hasil studi, jumlah penelusuran untuk kata kunci 11.11 pada mesin pencari google naik hingga 29 persen di tahun 2017, dan 456 persen di tahun 2018.

Peningkatan yang cukup tajam di tahun 2018 menggambarkan jika jumlah masyarakat Indonesia yang menaruh perhatian dan menelusuri kampanye diskon dan promo yang ditawarkan pada momentum singles day semakin bertambah dan diprediksikan akan terus mengalami peningkatan tahun ini.

Daerah di Indonesia dengan pemburu diskon terbanyak

Jika dilihat dari lokasi yang menelusuri kata kunci 11.11, maka setidaknya terdapat enam wilayah di Indonesia yang masyarakatnya memiliki antusiasme yang besar terhadap pesta belanja online singles day pada tahun 2018.

Wilayah dengan jumlah pemburu diskon dan savvy shopper terbanyak adalah Banten dan disusul oleh Jawa Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Sementara, berdasarkan hasil studi CupoNAtion, situs ecommerce yang meraih volume penelusuran tertinggi di tahun 2018 adalah Shopee, dan disusul oleh Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli.

Di tahun 2017, Lazada merupakan situs toko online yang paling mendominasi volume penelusuran google pada saat pekan belanja online singles day, dan disusul oleh beberapa situs e-commerce lain yang jika diurutkan adalah Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan Blibli.

Untuk tahun ini, diduga antusias masyarakat memburu diskon pada 11.11 akan semakin tinggi. Kita lihat saja nanti.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X