Mengenal Open Relationsip, Apakah Ideal untuk Semua Pasangan?

Kompas.com - 06/11/2019, 21:21 WIB
Ilustrasi hubungan shutterstockIlustrasi hubungan
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Mendengar kata open relationship, beberapa orang menganggapnya sebagai status individu jomblo, untuk sedang terbuka ingin menjalin hubungan dengan orang lain. Padahal, open relationship tidaklah demikian.

Sebenarnya, apa itu open relationship, yang banyak dijalani oleh pasangan artis ternama?

Secara sederhana, open relationship adalah suatu hubungan yang memperbolehkan masing-masing pihak, untuk bercinta dan berhubungan seks dengan orang selain pasangannya. Hubungan ini bersifat konsensual, atau terjadi atas persetujuan kedua pihak dalam pasangan tersebut.

Open relationship berbeda dari poliamori. Pada hubungan poliamori, kedua pihak dapat menjalin percintaan dengan orang lain, atau bukan pasangannya. Sementara itu, open relationship tidak melibatkan perasaan. Dengan kata lain, kamu boleh bercinta, tapi tak boleh jatuh cinta.

Open relationship dan poliamori, adalah jenis hubungan non-monogami yang disetujui kedua pihak. Selain open relationship dan poliamori, ada pula swinging, yang merujuk pada hubungan seks antara individu atau pasangan dengan pasangan lain.

Open relationship dapat terjadi di hubungan dalam tahap pacaran, atau bahkan pernikahan. Beberapa pasangan yang pernah atau masih menjalani open relationship, termasuk Angelina Jolie dan Brad Pitt, serta Will Smith dan Jada Pinkett Smith.

Masalah yang muncul dalam open relationship

Open relationship tentu memiliki beberapa risiko, yang harus dihadapi pasangan yang menjalaninya. Risiko tersebut, termasuk kecemburuan serta risiko infeksi menular seksual.

1. Risiko kecemburuan

Kecemburuan terhadap partner seks pasangan, berpotensi muncul dalam open relationship. Biasanya, rasa cemburu muncul pada pihak yang cenderung berasal dari keluarga monogami (berkomitmen untuk satu orang).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X