BrandzView
Konten ini merupakan kerjasama Kompas.com dengan Nivea

Jangan Anggap Remeh Sentuhan Ibu, Inilah Manfaatnya

Kompas.com - 07/11/2019, 14:55 WIB
Hotria Mariana,
Kurniasih Budi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjadi ibu sekaligus wanita karier memang tidak mudah, apalagi bagi seorang new mom (ibu baru).

Beres masa cuti melahirkan, mau tak mau ibu harus kembali kepada rutinitas kantornya. Tak jarang urusan pekerjaan membuat ibu jauh dari anaknya.

Padahal, peneliti dari University of Virginia Samantha Tornello mengatakan, satu tahun pertama kehidupan anak merupakan momen tepat untuk memperkuat ikatan batin antara ibu dan anak (bonding).

Ikatan itulah yang nantinya akan menjadi penentu hubungan ibu dengan anak dan anak dengan sekitarnya di masa depan.

Adapun cara meningkatkan bonding antara ibu dan anak adalah melalui aktivitas yang melibatkan kontak fisik, seperti sentuhan.

Sentuhan sendiri punya segudang manfaat. Tak sedikit riset yang membuktikan hal ini. Salah satunya, penelitian Jens Brauer, Annett Schirmer, dan rekannya yang dimuat dalam jurnal Cerebral Cortex.

Menurut studi tersebut, seseorang yang sering mendapat sentuhan ibu sejak kecil cenderung memiliki tingkat kecerdasan emosional tinggi dan lebih mudah bergaul ketika dewasa.

ilustrasi ibu menggenggam tangan anaknyaPixabay/vitamin ilustrasi ibu menggenggam tangan anaknya

Aktivitas yang melibatkan sentuhan

Agar ikatan Anda dengan anak semakin kuat, beberapa aktivitas yang melibatkan sentuhan berikut ini bisa Anda lakukan.

Pertama, menyusui. Kegiatan ini merupakan cara paling ideal untuk menciptakan bonding antara ibu dan bayi karena terjadi kontak langsung antara kulit ke kulit (skin to skin).

Penelitian yang dimuat HelloSehat, Rabu (6/9/2017) menemukan, hormon oksitosin (hormon kasih sayang) yang diproduksi ibu ketika menyusui dapat menguatkan ikatan antara ibu-anak.

Kedua, melakukan aktivitas menyenangkan bersama si kecil selepas pulang kerja.

Siap mandi dan makanan malam, sisakan waktu barang sebentar untuk mengajak si kecil bermain atau aktivitas apapun yang melibatkan sentuhan. Contoh, membacakannya buku sembari memangku tubuhnya.

Jangan lupa juga untuk melakukan kontak mata langsung dengannya dan mengajak si kecil berkomunikasi.

Ketiga, memandikan si kecil. Meski dikejar waktu, jangan sampai Anda melewatkan aktivitas yang satu ini.

Pasalnya, saat memandikan anak, keterlibatan kontak fisik (skin to skin connection), kontak mata, dan komunikasi akan terjadi lebih intens.

Selain itu, sentuhan Anda ketika memandikan si kecil akan melatih indera perasanya. Pada momen ini bayi akan akan belajar mengenal tekstur berdasarkan sentuhan tersebut.

Pengenalan tersebut secara tidak langsung akan mempengaruhi kecerdasan kognitif si kecil.

Keempat, memberikan pijatan lembut untuk si kecil.

Tak sekadar memperkuat ikatan dan menjadikan tubuh rileks, memijat tubuh ternyata memberikan dampak positif luar biasa bagi si kecil.

Menilik Kompas.com, Rabu (4/7/2018), pijatan yang dimulai dari ujung kepala hingga ujung kaki dapat memperlancar pembuluh darah si kecil, menstimulasi kelima panca inderanya, dan membuat tidurnya jauh lebih nyenyak, serta cenderung tidak rewel.

Lebih dari itu, jurnal American Psychological Association (2002) menyebutkan, pijatan atau sekadar sentuhan ternyata bisa mengurangi tingkat stres, kecemasan, dan depresi yang berkaitan dengan masalah traumatik.

Atas dasar itulah Nivea menggelar program #SentuhanIbu untuk ibu dan anak korban bencana gempa bumi Lombok yang terjadi pada 2018.

Lewat program tersebut, seluruh peserta yang berjumlah 168 orang, terdiri dari ibu dan anak itu, mengakui adanya peningkatan bonding. Mereka menjadi lebih menghargai hubungan antara ibu dan anak melalui komunikasi dan sentuhan.

Di samping itu, baik ibu maupun anak merasakan adanya penurunan tingkat kecemasan dan stres akibat bencana alam.

Pada akhirnya, lebih dari 85 persen penerima program merasa lebih baik setelah mengikuti program Nivea Sentuhan Ibu.

Sebagai informasi, program Nivea #SentuhanIbu merupakan bentuk dukungan Nivea Indonesia kepada para ibu agar memberikan sentuhan kepada anak-anak dalam kondisi apapun, termasuk anak berkebutuhan khusus.

Adapun program yang dilaksanakan sejak 2016 ini telah sukses dilaksanakan di Bandung, Yogyakarta, dan Lombok. 

Dengan segala manfaat positif yang disebutkan di atas, Nivea akan terus berkomitmen untuk melanjutkan program #SentuhanIbu ini di berbagai daerah Indonesia lainnya.

Info selengkapnya mengenai program Nivea #SentuhanIbu bisa Anda lihat di sini.

 


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com