Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cintai Diri Sendiri Itu Perlu, tapi Jangan Kebablasan Jadi Egois

Kompas.com - 07/11/2019, 17:11 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com— Mencintai diri sendiri berdampak positif bagi kesehatan mental. Bahkan dalam kasus tertentu, mencintai diri sendiri (self love) berpengaruh pada kesehatan kulit.

Psikolog Felicia Maukar yang juga Co-Founder of Soul Dewi, mengungkapkan bagaimana self love bisa berpengaruh pada kesehatan kulit dan mental.

“Misalnya seseorang merasa enggak penting kalau merawat diri, terus jadi enggak merawat diri, makan sembarangan. Ada yang sebaliknya, (menganggap) kalau diri sendiri itu berguna dan berharga. Harus menjaga diri agar aku enggak sakit, itu self love,” kata Felicia saat ditemui di Jakarta.

Fellicia menambahkan, mencintai diri seharusnya dilakukan lebih dahulu sebelum mencintai orang lain.

“Kita harus cinta diri kita lebih dulu.  Kita cinta sama orang lain, akhirnya orang juga akan cinta. Dia butuh cinta orang lain untuk men-devine dirinya sendiri,” ujar Felicia.

Namun, self love yang kebablasan yang cenderung egois juga tidak baik. Untuk itu, kamu juga perlu mengetahui batasannya.

Baca juga: Mencintai Tubuh Sendiri Lebih dari Cuma Percaya Diri

 

Sifat egois akan membuat kita mencintai diri untuk keuntungan diri sendiri, misalnya saja merawat diri untuk pamer atau olahraga berlebihan sampai tidak seimbang.

“Kalau self love, konsep lebih luas untuk bisa mengisi ke orang lain, ini kembali ke goal kita mau bagaimana. Lebih ke keluarga atau ke orang lain,” imbuh Felicia.

Untuk itu, mencintai diri sendiri perlu dilakukan dengan dosis yang tepat.

“Mencintai diri sendiri agar bisa mencintai orang lain, jangan diartikan sebagai negatif, tapi bentuk perhatian pada orang lain dan bertumbuh,” ujar Felicia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com