Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Kim Kardashian Setuju Fitur “Like” Instagram Dihapus

Kompas.com - 08/11/2019, 07:45 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber People

KOMPAS.com – Instagram tengah menguji penghapusan fitur “like” di beberapa negara. Keputusan ini ditanggapi beragam oleh pengguna aplikasi ini. Bintang reality show Kim Kardashian termasuk yang mendukung penghapusan fitur like tersebut.

Dalam uji coba ini, meski follower tidak bisa melihat tampilan jumlah “like” tetapi pemilik akun masih bisa mengakses seluruh informasi postingannya.

Kardashian yang memiliki 151 juta follower ini percaya penghapusan fitur akan meningkatkan kesehatan mental para pengguna Instagram.

“Bagi kesehatan mental, aku merasa menghilangkan fitur like akan bermanfaat bagi banyak orang,” kata Kardashian dalam acara New York Times DealBrook Conference.

Ibu empat anak itu mengatakan ia memang tak punya masalah mental terkait dengan Instagram, tetapi Kardashian percaya bahwa dihilangkannya fitur itu akan membantu banyak orang.

“Aku merasa diriku secara mental sangat kuat dan saya tahu orang-orang yang terobsesi dengan komentar, bagiku itu tidak sehat. Bagaimana jika salah satu anakku termasuk orang yang secara mental tidak kuat dan terpengaruh oleh komentar di media sosial,” kata pemilik merek kosmetik KKW Beauty ini.

Baca juga: Jumlah Like Instagram Disembunyikan, Ini Efeknya bagi Selebgram

Kardashian juga membicarakan tentang kebiasaan mengunggah foto secara real-time dan bagaimana pandangannya berubah dalam beberapa tahun terakhir, terutama setelah kasus perampokan dan penodongan dengan senjata yang dialaminya di tahun 2016.

“Aku belajar dari pengalaman buruk ketika dirampok, karena orang tahu setiap kegiatanku, di mana aku berada, apa yang ku lakukan, dan kini aku sangat berhati-hati tentang apa yang akan ku posting,” katanya.

Ia mengatakan masih tetap ingin followernya melakukan “perjalanan” dengannya, tetapi ia memilih untuk mengunggah video atau foto setelah ia meninggalkan lokasi tersebut, demi menjaga privacy-nya.

Kesehatan mental memang menjadi fokus Kardashian beberapa tahunt erakhir. Di tahun 2018 ia meluncurkan penggalangan dana pertamanya melalui Facebook untuk lembaga nonprofit yang bergerak dalam kesehatan mental anak-anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber People
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com