Apa Rahasia di Balik Merek Piero yang Mirip Nama Italia?

Kompas.com - 09/11/2019, 09:35 WIB
Sepatu Piero edisi ulang tahun ke 20 yang dibuat terbatas KOMPAS.com/WisnubrataSepatu Piero edisi ulang tahun ke 20 yang dibuat terbatas
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika produk lokal mendapatkan panggung saat ini, berbagai brand tidak malu lagi menyatakan diri sebagai buatan anak bangsa. Pasalnya, produk-produk lokal ternyata tak kalah dalam kualitas dan desain, bahkan makin diburu karena seringkali memiliki kenangan dan nilai historis.

Inilah yang terjadi pada Piero. Merek sepatu yang terkesan seperti nama orang Italia ini ternyata produk lokal yang namanya diambil dari bahasa Jawa. Penasaran kan?

Brand Communication Piero, Albertus Agastya saat ditemui di acara Urban Sneaker Society 2019 menjelaskan asal-usul perusahaan tersebut memberi merek Piero pada sepatunya.

"Piero itu diambil dari kata “Urip” yang diubah menjadi OREIP dan dibalik menjadi Piero,"ujar Agastya di Distik 8 SCBD, Jakarta, Jumat (8/11/2019).

Menurut cerita, dalam sebuah rapat direksi, pendiri Piero yang berasal dari Solo, mengatakan, "Sing penting urip (yang penting hidup), karena 3.000 karyawan bakal kesusahan kalau nggak urip,".

Karena sang empunya perusahaan keseringan mengungkapkan kata "urip" itulah, maka salah satu direkturnya punya ide agar menamakan sepatunya jadi "urip".

Tapi nama tersebut dianggap kurang menjual. Karenanya nama urip kemudian dibalik, karena tidak ada yang pas, makanya disisipin huruf lain, jadilah Piero.

Dari semangat untuk menghidupi para pegawai itulah, sudah selama 20 tahun Piero berdiri.

Limited edition

Sepatu Piero edisi ulang tahun ke 20 yang dibuat terbatasKOMPAS.com/Wisnubrata Sepatu Piero edisi ulang tahun ke 20 yang dibuat terbatas
Kini, untuk memperingati lahirnya, Piero merilis koleksi Piero 20th Anniversary pada 8 November 2019, bertepatan dengan diselenggarakannya Urban Sneaker Society (USS 4.0) di District 8, SCBD, Jakarta.

Pada koleksi 20th Anniversary, Piero menghadirkan kembali lima sepatu yang pernah dirilis sebelumnya di sepanjang perjalanan 20 tahun Piero.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X