Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Rahasia di Balik Merek Piero yang Mirip Nama Italia?

Kompas.com - 09/11/2019, 09:35 WIB
Wisnubrata

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika produk lokal mendapatkan panggung saat ini, berbagai brand tidak malu lagi menyatakan diri sebagai buatan anak bangsa. Pasalnya, produk-produk lokal ternyata tak kalah dalam kualitas dan desain, bahkan makin diburu karena seringkali memiliki kenangan dan nilai historis.

Inilah yang terjadi pada Piero. Merek sepatu yang terkesan seperti nama orang Italia ini ternyata produk lokal yang namanya diambil dari bahasa Jawa. Penasaran kan?

Brand Communication Piero, Albertus Agastya saat ditemui di acara Urban Sneaker Society 2019 menjelaskan asal-usul perusahaan tersebut memberi merek Piero pada sepatunya.

"Piero itu diambil dari kata “Urip” yang diubah menjadi OREIP dan dibalik menjadi Piero,"ujar Agastya di Distik 8 SCBD, Jakarta, Jumat (8/11/2019).

Menurut cerita, dalam sebuah rapat direksi, pendiri Piero yang berasal dari Solo, mengatakan, "Sing penting urip (yang penting hidup), karena 3.000 karyawan bakal kesusahan kalau nggak urip,".

Karena sang empunya perusahaan keseringan mengungkapkan kata "urip" itulah, maka salah satu direkturnya punya ide agar menamakan sepatunya jadi "urip".

Tapi nama tersebut dianggap kurang menjual. Karenanya nama urip kemudian dibalik, karena tidak ada yang pas, makanya disisipin huruf lain, jadilah Piero.

Dari semangat untuk menghidupi para pegawai itulah, sudah selama 20 tahun Piero berdiri.

Limited edition

Sepatu Piero edisi ulang tahun ke 20 yang dibuat terbatasKOMPAS.com/Wisnubrata Sepatu Piero edisi ulang tahun ke 20 yang dibuat terbatas
Kini, untuk memperingati lahirnya, Piero merilis koleksi Piero 20th Anniversary pada 8 November 2019, bertepatan dengan diselenggarakannya Urban Sneaker Society (USS 4.0) di District 8, SCBD, Jakarta.

Pada koleksi 20th Anniversary, Piero menghadirkan kembali lima sepatu yang pernah dirilis sebelumnya di sepanjang perjalanan 20 tahun Piero.

Kelima sepatu tersebut dirilis dengan tetap mempertahankan siluet dari masing-masing produk. Logo lama Piero dihadirkan kembali serta digabungkan dengan outsole yang terbaru.

Lima model tersebut akan rilis secara terbartas, diantaranya: Orlando (1999), Shooter (2004), Suedo (2009), Jogger (2014) dan Legion Z1 (2019).

Uniknya, pada lidah sepatu di beberapa seri, tertulis kata Oreip yang menunjukkan asal mula nama Piero. Lalu ada pula tanda XX yang menunjukkan usia 20 tahun.

"Setiap edisi Piero 20th Anniversary menawarkan desain yang berbeda sesuai dengan tahun rilisnya, dan dibuat dalam warna hitam putih," ujar Melania Dewiyani, Brand Manager Piero.

Piero Orlando memiliki model chunky shoes yang populer di tahun 90-an hadir dengan warna monochrome. Piero Shooter mempertahankan sporty looks pada masanya namun dibalut dengan sedikit sentuhan modern.

Ada juga Piero Suedo, salah satu sepatu klasik Piero ditujukan untuk pecinta skateboard yang dirilis kembali dengan mempertahankan siluet klasiknya.

Selain itu, Piero Jogger dirilis kembali dengan splatter atau corak hitam dibagian outsole serta menggunakan material suede dan logo XX pada bagian upper, dan Piero Legion Z1 yang merupakan artikel teranyar, dirilis kembali dengan bagian upper yang dimodifikasi.

Ke-lima seri ini dibuat terbatas hanya sebanyak 100 pasang dan hanya tersedia di acara Urban Sneaker Society 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com