Gaya Parenting Pengaruhi Risiko Obesitas Anak

Kompas.com - 10/11/2019, 18:10 WIB
Ilustrasi anak makan buah semangka shutterstockIlustrasi anak makan buah semangka

KOMPAS.com—Gaya pengasuhan ( parenting) orangtua berpengaruh banyak hal pada anak, termasuk kesehatan tubuhnya. Gaya parenting tertentu diketahui bisa berpengaruh pada risiko anak mengalami obesitas.

Obesitas atau sangat gemuk pada anak sama bahayanya dengan kegemukan pada orang dewasa. 

Anak-anak dengan obesitas beresiko menderita tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi. Hal-hal yang biasanya kita kaitkan dengan orang dewasa.

Anak-anak ini juga memiliki peningkatan risiko pernapasan dan masalah persendian, belum lagi masalah psikologis dan harga diri,” kata Dr. Richard Seidman, dokter anak dan kepala petugas medis dari L.A. Care Health Plan.

Menurut penelitian terbaru, ibu yang kurang sabar menghadapi si kecil di luar waktu makan, misalnya aktivitas bermain dengan anak saat berusia 7 bulan, beresiko mempunyai anak yang cenderung memiliki berat badan berlebih.

Ini adalah salah satu studi pertama yang melihat bagaimana interaksi keluarga dapat memengaruhi nafsu makan dan diet anak.

"Sepengetahuan kami, tidak ada penelitian yang meneliti bagaimana non-makanan, lingkungan rumah sepanjang perkembangan anak usia dini dapat memengaruhi motivasi seseorang untuk makan," Kai Ling Kong, PhD, salah satu penulis penelitian dan asisten profesor pediatri seperti dikutip dari healthline.com.

Baca juga: Hati-hati, Anak Obesitas Rentan Asma

IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

Berikut adalah tujuh cara yang bisa dilakukan orangtua untuk menurunkan risiko obesitas pada anak.

1. Pantau

Orangtua wajib memantau makanan apa saja yang dimakan oleh anak. Hal itu bisa dilakukan dengan menanyakan apa yang ia santap pada makan siang dan memastikan sarapannya bergizi. Bila perlu, kita bisa membawakan bekal makanan bergizi untuk anak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Healthline
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X