Pikiran Terlalu Sibuk Jadi Penyebab Wanita Sulit Orgasme

Kompas.com - 10/11/2019, 21:00 WIB
Ilustrasi pasangan tak mesra JupiterimagesIlustrasi pasangan tak mesra

KOMPAS.com – Walau kebanyakan wanita berhubungan seks secara teratur, tetapi jumlah orgasme yang bisa mereka raih tidak setinggi dengan frekuensi bercintanya.

Faktanya, hanya 25 persen wanita yang melaporkan selalu orgasme dari penetrasi hubungan seksual. Demikian menurut peneliti seksual Elisabeth A.Lloyd dalam bukunya “The Case of the Female Orgasm”.

Penelitian terbaru yang dipresentasikan dalam pertemuan The Society for the Scientific Study of Sexuality, mempelajari alasan mengapa wanita tidak mencapai orgasme sesering pasangan pria.

Salah satu yang menonjol adalah wanita sulit fokus pada momen bercinta. Dengan kata lain, pikiran wanita mudah mengembara.

Kesimpulan itu dihasilkan dari survei terhadap 7.000 wanita dan 1.000 pria di tahun 2018 tentang seberapa sering responden mengalami orgasme, apakah bagi mereka mudah atau sulit untuk orgasme dibanding orang lain, dan mengapa mereka sulit mencapai klimaks.

Baca juga: Alasan Banyak Perempuan Lakukan Orgasme Palsu

Menurut survei yang dilakukan oleh pakar seksologi dan sosiologi dari Finlandia Osmo Kontula, mayoritas wanita mengatakan sulit mencapai klimaks karena mereka tidak bisa membuat pikirannya tenang agar rileks dan menikmati sesi bercinta.

Penyebab lainnya adalah rendahnya self-esteem, efek samping obat-obatan, klitoris kurang stimulasi, dan merasa tidak sebanding dengan pasangan.

Otak memang berperan penting dalam respon seksual dan orgasme. Jadi, masuk akal jika banyak wanita yang sulit orgasme mengatakan hal itu berkaitan dengan sulitnya untuk fokus hanya ke seks.

Untuk menenangkan pikiran, disarankan untuk meluangkan waktu 5 menit untuk diri sendiri sebelum bercinta dan lakukan hal yang tidak terkait dengan elektronik. Misalnya saja meditasi, berfantasi, atau mandi.

Baca juga: 3 Penyebab Utama Hilangnya Gairah Seks Wanita

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X