Cara Membersihkan Paru-paru untuk Perokok Aktif maupun Pasif

Kompas.com - 11/11/2019, 20:53 WIB
Ilustrasi menghirup uap shutterstockIlustrasi menghirup uap
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sebagai salah satu organ yang perannya sangat vital di tubuh, paru-paru tentu perlu kita jaga kesehatannya. Bagi yang sering terpapar udara kotor seperti polusi dan memiliki kebiasaan merokok, cara membersihkan paru-paru di bawah ini bisa dilakukan untuk membantu menjaga fungsi paru-paru.

Ya, paru-paru kita bisa “dibersihkan”. Namun, bukan dengan obat, suplemen, jamu, ataupun produk detoks yang banyak beredar di pasaran. Membersihkan paru-paru, sebenarnya dilakukan melalui usaha untuk menjaganya agar tetap sehat .

Pada dasarnya, paru-paru bisa membersihkan dirinya sendiri. Sehingga, yang perlu kita lakukan adalah memastikan bahwa organ ini bisa bekerja dengan baik.

Apabila kita sering terpapar polusi, seperti asap kendaraan atau asap motor, maka dada bisa terasa sesak, saluran pernapasan tersumbat, dan terjadi peradangan.

Hal ini menyebabkan paru-paru mengeluarkan lendir atau mukus, untuk menangkap bakteri dan kuman yang ada di paru-paru.

Selain itu, bronkus dilapisi dengan rambut yang disebut silia, yang bertugas untuk menggerakan mikroba serta kotoran untuk dapat naik dan keluar dari saluran udara.

Cara membersihkan paru-paru di bawah ini, akan membantu menyingkirkan tumpukan lendir di paru-paru serta bakteri dan kuman, sehingga berbagai gejala gangguan pernapasan bisa reda.

Beberapa metode ini juga dapat membantu membuka saluran napas, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan mengurangi peradangan yang terjadi di paru-paru akibat polusi dan rokok.

Macam cara membersihkan paru-paru

Ada beragam cara membersihkan paru-paru yang bisa dilakukan agar fungsi paru-paru bisa terjaga kesehatannya, seperti di bawah ini.

1. Berhenti merokok

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X