Kompas.com - 11/11/2019, 21:15 WIB

KOMPAS.com - Sebagai seorang koki, Chrysansia Chitra Dewi atau yang karib disapa Chef Chitra, menyadari bahwa makanan Indonesia selalu menggiurkan.

Terutama makanan dengan bumbu kaya rempah dan juga pedas, yang banyak dikonsumsi orang Indonesia.

Namun rupanya, jenis makanan tersebut bisa mengganggu kesehatan pencernaan. Chef Chitra pun memberikan tips untuk kamu yang suka makanan pedas dan kaya rempah, namun kesehatan pencernaan tetap terjaga.

“Tahu apa yang kita makan sesuai dengan jamnya, Jadi kalau pagi hindari makan makanan yang pedas-pedas,” kata Chef Chitra dalam siaran pers yang diterma Kompas.com.

Baca juga: Langsung Tidur Setelah Makan? Pencernaan Bisa Bermasalah Lho

Di pagi hari, lanjutnya, justru disarankan meminum minuman hangat dengan mencampurkan bahan-bahan yang bisa melunturkan lemak.

“Minum sesuatu yang bisa memperlancar pencernaan atau bahkan meluluhkan lemak sekaligus detox pagi-pagi, baik sekali mengonsumsi minuman hangat dicampur dengan lemon serta jahe, seperti itu,” jelas Chitra.

“Dan hindari makanan yang terlalu berat, supaya glukosa dalam tubuh tidak terlalu banyak, yang nantinya bisa menyebabkan kantuk,” imbuhnya.

Selain itu, Chitra juga mengimbau untuk tetap mengonsumsi makanan yang kaya serat dan tanpa pemanis buatan.

“Yaitu dari buah dan sayur. Lalu untuk siang saat di mana tubuh banyak membutuhkan karbo, adalah waktu yang tepat untuk mengonsumsi karbo dan juga protein,” kata dia.

Jam makan juga harus diatur dan dijalani dengan tepat waktu. Misalnya saat malam hari, disarankan untuk makan sebelum pukul tujuh.

“Hindari makan buah sebelum tidur karena itu akan terjadi pembusukan saat kita tidur, kalau lapar bisa konsumsi makan seperti salad, sayur-sayuran, dan hindari makan berat,” pungkas Chitra.

Baca juga: Selain Makanan, Ini Faktor yang Pengaruhi Pencernaan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.