Jangan Ragu Mulai Berinvestasi Sejak Muda, Ini Langkahnya

Kompas.com - 12/11/2019, 11:39 WIB
Ilustrasi investasi emas shutterstockIlustrasi investasi emas
|
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit orang yang ragu untuk memulai investasi. Alasannya banyak, mulai dari merasa pendapatan belum cukup besar, hingga sulitnya menerapkan disiplin dalam berinvestasi.

Padahal, investasi bisa dimulai sejak dini, mulai dari cara yang sederhana seperti menabung dengan membeli emas.

"Semakin dini semakin bagus. Dan dengan perkembangan teknologi informasi, investasi apa yang paling cocok sama umur kita sudah gampang dicari."

Hal itu disampaikan oleh Peneliti dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Bhima Yudhistira Adhinegara seusai menghadiri peluncuran logam mulia "Waris" di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (11/11/2019).

Bhima mencontohkan, investasi yang didasari keinginan untuk berlibur ke suatu tempat. Berinvestasi dengan membeli emas 10 gram saja, misalnya, sudah bisa membantu mendapatkan biaya liburan.

"Bisa juga beli emas 10 gram, Rp 7 juta, lima atau 10 tahun lagi harganya bisa jadi Rp 9 juta. Selisih dua juta bisa dipakai jalan-jalan," tambahnya.

Nah, jika kamu baru mau memulai investasi dan masih ragu dimana harus memulai, ada tiga hal yang perlu diperhatikan:

1. Menentukan tujuan investasi

Persiapan dana akan berbeda-beda tergantung tujuan investasinya. Misalnya, mempersiapkan dana untuk berlibur tentunya berbeda dengan persiapan dana untuk sekolah anak, membeli kendaraan bermotor, atau bahkan rumah.

2. Mempelajari instrumen investasi

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X