Tips Mengatur Keuangan Bagi 'Single Parent'

Kompas.com - 13/11/2019, 13:43 WIB
Ilustrasi uang shutterstockIlustrasi uang
|
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjaga keuangan keluarga tetap berjalan lancar bukanlah perkara mudah, terlebih ketika pasangan sudah memiliki anak.

Beratnya pembiayaan akan semakin terasa ketika pasangan terpaksa bercerai. Akhirnya, salah satu pihak mesti memutar otak untuk membiayai keluarga hanya dari satu sumber pendapatan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengatur keuangan keluarga ketika menjadi seorang single parent.

Pertama, jika sudah memiliki anak pikirkanlah biaya yang dibutuhkan untuk keperluan anak seiring bertambahnya usia mereka.

Misalnya, untuk biaya sekolah dan kuliah anak di masa depan.

"Perencanaan harus dalam jangka yang cukup panjang. Kira-kira butuh uang berapa saat anak kuliah, berarti dari sekarang harus berinvestasi jadi saat (anak) kuliah bisa terbayar dengan uang investasi hari ini."

Demikian diungkapkan oleh Peneliti dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Bhima Yudhistira Adhinegara seusai menghadiri peluncuran logam mulia "Waris" di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (11/11/2019).

Untuk investasi, seorang single parent juga dituntut untuk disiplin. Misalnya, menyisihkan 30 persen dari total pendapatan bulanan.

Dana yang disisihkan tersebut bisa digunakan untuk investasi melalui berbagai instrumen, mulai dari emas, properti, atau untuk tabungan pendidikan berjangka.

Sementara dari 70 persen sisa pendapatan, bisa pula disisihkan 10 persennya untuk biaya insidental.

Namun, pastikan diri kita mampu disiplin dan konsisten dalam menjalaninya setiap bulan. Apalagi tak jarang dana insidental justru digunakan untuk hal-hal yang sebetulnya tidak perlu.

"Jadi kalau income dari satu sumber tapi menyisihkan 30 persen untuk investasi setiap bulan secara konsisten, yang seperti ini yang paling berhasil," kata Bhima.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X