Tujuh Cara Menjadi Ayah Hebat

Kompas.com - 13/11/2019, 13:48 WIB
Ilustrasi ayah dan anak shutterstockIlustrasi ayah dan anak
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sebelum resmi menjadi seorang ayah, seorang pria mungkin akan khawatir dirinya tidak bisa berperan jadi ayah yang baik. Ada pula yang merasa belum cukup mampu mengubah kebiasaan pesta makan malam dengan berjam-jam mengganti-pasang popok anak.

Apapun ketakutan yang dihadapi dalam menjadi seorang ayah, ada beberapa hal yang kamu bisa lakukan untuk mendukung usaha menjadi seorang ayah yang hebat, seperti dilansir dari laman parents.com:

1. Menerima rutinitas baru

Melepaskan beberapa atau banyak kebiasaan lama mungkin sudah menjadi hal yang paling pasti terjadi jika ingin menjadi seorang ayah yang hebat. Kamu perlu merelakan waktu bersantai sepulang kerja untuk menghabiskan waktu bersama anak dan istri.

Namun, jangan hanya membiarkan momentum itu lewat begitu saja. Aktiflah mencari tahu bagaimana cara menenangkan bayimu ketika mereka menangis, membersihkan botol minum mereka atau melakukan tugas penting lainnya.

Jika telah berusaha melakukannya, tak lama lagi kamu pasti akan menjadi ayah yang hebat dan terbiasa melakukan tugas-tugas sebagai ayah, termasuk menemani anak tidur dan membacakan cerita.

2. Menjadi 'role model'

Salah satu tugas penting menjadi seorang ayah adalah melindungi dan mengajari anak. Seiring bertambahnya usia anak dan memahami kata "ya" dan "tidak", pastikan kata-kata tersebut memiliki arti.

Anak juga akan mulai belajar mencontoh, oleh karena itu berusahalah menjadi role model bagi anak lewat perilaku-perilaku terbaikmu. Misalnya, tidak lagi mengumpat, terlalu banyak komplain atau memicu pertengkaran.

3. Menjadi suami yang baik

Halaman:


Sumber Parents

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X