Tips Memilih Makanan Sehat Saat Makan di Luar

Kompas.com - 13/11/2019, 20:14 WIB
Menu makanan rendah kalori dan sehat dari Pish & Posh by Bakerzin bekerja sama dengan Tropicana Slim. Renna YavinMenu makanan rendah kalori dan sehat dari Pish & Posh by Bakerzin bekerja sama dengan Tropicana Slim.

KOMPAS.com – Akhir pekan merupakan waktu favorit banyak orang untuk mencoba menu terkini di restoran favorit. Makan di luar atau memesan lewat ojek online kini sudah menjadi gaya hidup masyarakat urban.

Namun, kebiasaan tersebut sebenarnya memiliki bahaya tersembunyi. Terutama jika kita kurang aktif bergerak dan lebih menyukai makanan dan minuman dengan rasa dan tampilan yang menarik, tapi tinggi kalori dan rendah nutrisi.

“Seringkali menu-menu yang nikmat tersebut memiliki kandungan gula yang tinggi dan jika dikonsumsi dalam waktu panjang akan meningkatkan risiko kegemukan dan diabetes,” kata Head of Nutrifood Research Center, Astri Kurniati dalam acara temu media yang diadakan oleh Tropicana Slim di Jakarta (13/11).

Data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas 2018) Kementerian Kesehatan RI menunjukkan bahwa obesitas pada orang dewasa makin naik tiap tahunnya, yaitu 10,5 persen (2007), 14,8 persen (2013) dan 21,8 persen (2018).

Makan di luar sebenarnya boleh-boleh saja, namun sebaiknya pilih yang menunya sehat.

Astri mencontohkan, makanan yang digoreng dengan minyak banyak mengandung lemak dan kolesterol tinggi. Jadi, sebaiknya pilih makanan dengan teknik masak ditumis, dikukus, atau goreng.

Selain itu, makanlah dengan sadar dan kendalikan diri. Untuk memulainya, ketahui dulu rasa makanan yang paling kita sukai, apakah asin atau manis.

Baca juga: Waspada Bahaya Diabetes di Balik Jajanan Kekinian

“Jika sadar kita menyukai manis, mulailah membatasi agar tidak mengonsumsi gula berlebihan,” ujarnya.

Menurut data dari Kementrian Kesehatan, dalam satu hari hanya boleh mengonsumsi gula empat sendok makan atau setara dengan 50 gram. Hal itu sudah termasuk gula yang dikonsumsi baik dalam makanan maupun dalam minuman.

Untuk konsumsi garam, batasi tak lebih dari satu sendok teh atau setara dengan 5 gram dalam satu hari.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X