Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tenun hingga Ondel-ondel Ada di Road To Sustainable Fashion ISEF 2019

Kompas.com - 14/11/2019, 15:19 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com—Selain menghadirkan seminar dan exhibition, Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2019, juga akan menggelar fashion show di sesi Road to Sustainable Fashion.

Untuk hari ini, Kamis (14/11/2019), sebanyak 39 perancang busana musilm akan hadir untuk memamerkan busana rancangannya.

Fashion show akan dihelat sebanyak tiga sesi. Sesi pertama pada pukul 14.00-15.00 WIB, sesi kedua pada pukul 16.00-17.00 WIB, dan sesi ketiga pada pukul 19.00-20.00.

Para desainer yang hadir akan menyuguhkan busana dengan memadupadankan kain Indonesia dan busana muslim kekininan

Seperti Tuty Adib yang hadir dengak koleksi “Lagak That” yang menghadirkan kain songket Aceh. Kain songket Aceh yang terdiri dari sarung dan selendang menjadi bahan utama yang dipadu dengan bahan taffeta, organdi, dan brocade. Detil bordiran dengan motif tenun Aceh dan sematan batu-batuan akan mewarnai kolesi kali ini.

Baca juga: Busana Ready to Wear Korea di Panggung Jakarta Fashion Week 2020

Ada pula koleksi Jana yang terinspirasi oleh seni menjahit sisa kain dari Korea yaitu Pojagi atau Bojagi.

“Pojagi atau Bojagi merupakan teknik menjahit potongan-potongan sisa bahan menjadi satu-kesatuan bahan dan mempunyai fungsi baru. Di mana teknik menjahit ini merupakan salah satu suistainable fashion,” kata Nadya Karina selaku salah satu founder Jana.

Meccanism by Zaskia Mecca dan Tasya Medina juga akan hadir dengan tema “Kaba” yang diambil dari nama salah satu anak Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo, Bhai Kaba Bramantyo.

“Kaba, dia jatuh cinta banget sama ondel-ondel. Jadi bagaimana aku bisa abadikan gambar anakku, aku bisa berkolaborasi dengan semua gambar anakku, kali ini gambar Kaba,” kata Zaskia.

“Aku lihat gambar Kaba itu unik dan orisinal. Nanti akan ada hasil gambar dia di baju-baju yang akan ada di show nanti,” imbuh Zaskia.

Baca juga: Melihat Tren Mode 2020 di Jakarta Fashion Week

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com