6 Alasan untuk Tidak Menurunkan Berat Badan Terlalu Cepat

Kompas.com - 14/11/2019, 18:18 WIB
Ilustrasi menimbang berat badan shutterstockIlustrasi menimbang berat badan
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Memiliki berat badan ideal, adalah hal yang diinginkan banyak orang. Untuk mencapainya, ada beberapa diet yang bisa dilakukan, agar keseimbangan antara kebutuhan makanan dan aktivitas, tetap terjaga.

Meski demikian, menurunkan berat badan terlalu cepat bisa sangat berbahaya bagi tubuh kita.

Diet ekstrem untuk menurunkan badan terlalu cepat sangat tidak dianjurkan bagi siapapun. Banyak kerugian yang bisa dirasakan, dan berdampak buruk pada kesehatan.

Jika kamu tidak ingin hal ini terjadi, mari pahami keenam alasan untuk tidak menurunkan badan terlalu cepat di bawah ini.

Seorang ahli gizi bernama Emmie Satrazemis, menyebutkan bahwa orang yang menurunkan berat badan terlalu cepat, akan sulit mempertahankan berat badannya itu.

Baca juga: Berat Badan Turun Drastis di Awal Diet, Apa Sebabnya?

Penelitian membuktikan, setelah menurunkan berat badan terlalu cepat, seseorang cenderung mengalami kenaikan berat badan. Ini merupakan “gerbang” dari banyaknya kerugian yang bisa kita rasakan, jika menurunkan berat badan terlalu cepat.

1. Kehilangan nutrisi penting

Banyak sekali program diet cepat, yang mengharuskan seseorang tidak mengonsumsi beberapa tipe makanan sekaligus. Hal ini akan membuat kita kehilangan beberapa nutrisi, vitamin dan zat mineral penting yang sangat dibutuhkan tubuh.

Contohnya, jika melakukan diet produk susu, maka kamu akan kekurangan kalsium. Sementara itu, diet karbohidrat, bisa membuat kekurangan serat.

Perlu diingat, bahkan dalam diet kalori rendah saja, sangat penting bagi kita untuk tetap mendapatkan nutrisi seperti vitamin D, vitamin B-12, folat dan zat besi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X