Inskres, Sneaker Bot Ringan Elegan yang Lahir dari Kegagalan...

Kompas.com - 17/11/2019, 22:45 WIB
Salah satu sepatu Inskres. Sepatu ini memiliki beberapa keunggulan, di antaranya menggabungkan sneaker dan bot. KOMPAS.com/RENI SUSANTISalah satu sepatu Inskres. Sepatu ini memiliki beberapa keunggulan, di antaranya menggabungkan sneaker dan bot.

KOMPAS.com – Tahun 2015, Sugiarto (37) bersama seorang temannya harus menelan pil pahit. Sepatu bot premium “Sugei” yang dirintis kedua sahabat itu bangkrut.

Mereka pun rugi hingga Rp 300 juta dari modal Rp 400 juta yang ditanamkan.

“Dulu main di kelas premium, goodyear (konstrukti sepatu) gitu. Pemain baru, susah masarin, dan kalah saingan, akhirnya bangkrut.”

Begitu ujar Sugiarto kepada Kompas.com di kediamannya di Bandung, belum lama ini.

Saat itu, sepatu yang diproduksinya menumpuk begitu saja. Menjual sepatu bot premium di Bandung yang menjadi pusat sepatu berkualitas, tidaklah mudah.

Demi menghindari kerugian yang makin besar, ia memutuskan untuk menjual murah sepatunya. Rekan bisnisnya pun memutuskan untuk berhenti bekerja sama.

Baca juga: Sneaker Air Jordan 1 Mid Bola Disko, Unik Bergaya Era 70an

Tak ingin menyerah, Sugiarto memutar otak. Ia mempelajari kegagalannya dan melangkah dengan melakukan berbagai riset.

Tidak main-main, ia melakukan penelitian hingga Singapura dan Jepang. Ia memerhatikan berbagai produk sepatu, bahan, hingga jenis pengerjaan untuk mendapatkan sepatu yang diinginkan.

Empat tahun berlalu, tepatnya Maret 2019, ia meluncurkan brand baru bernama Indonesia Kreasi ( Inskres) dengan sisa uang Rp 100 juta yang dimilikinya.

Inskres menawarkan sneaker bot yang tidak umum dijual di Indonesia. Keunggulannya ada di solnya yang ringan, dengan tampilan kulit di bagian upper yang elegan.

Untuk mendapatkan sol yang ringan, Sugiarto dan temannya yang ahli di bidang kimia membongkar beberapa sol ternama.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X