Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Keturunan Diabetes? Cegah Risikonya dengan 5 Langkah Ini

Kompas.com - 18/11/2019, 22:03 WIB
Wisnubrata

Editor

 

KOMPAS.com - Bagi yang mempunyai keturunan diabetes atau memiliki anggota keluarga yang menderita diabetes, sebaiknya perlu berhati-hati. Pasalnya, hal tersebut dapat meningkatkan peluangmu terkena penyakit diabetes.

Ya, diabetes, khususnya diabetes melitus tipe 2, memiliki hubungan yang sangat erat dengan riwayat dan keturunan keluarga, dibandingkan dengan diabetes tipe 1.

Diperingati setiap 14 November, Hari Diabetes Dunia tahun ini diselenggarakan untuk meningkatkan kesadaran akan dampak diabetes pada keluarga dan melakukan dukungan bagi para anggota keluarga yang menderita diabetes.

Tema yang diangkat, yakni “Keluarga dan Diabetes”, dirasa tepat untuk meningkatkan peran keluarga dalam pengelolaan, perawatan, pencegahan, dan pendidikan diabetes.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa faktor genetik berperan penting dalam terjadinya penyakit diabetes tipe 2 pada seseorang.

Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa risiko anak terkena diabetes lebih besar saat ibunya menderita diabetes.

Baca juga: Memahami Diabetes, Penyakit yang Masih Menghantui Masyarakat Indonesia

Sedangkan, jika kedua orangtuanya menderita diabetes maka risikonya sebesar 50%. Dan apabila kamu mempunyai saudara kembar yang mengidap diabetes, risikonya dapat mencapai 75%.

Jika kamu mengidap diabetes tipe 2, risiko anak terkena diabetes akan muncul pada usia yang sama seperti saat kamu terdiagnosis penyakit tersebut.

Apabila kamu didiagnosis sebelum usia 50 tahun, anakmu memiliki peluang 1:7 mengalami diabetes tipe 2; sedangkan yang didiagnosis setelah berusia 50 tahun, anakmu memiliki peluang 1:13.

Bisakah keturunan diabetes dicegah?

Jawabannya tidak bisa, peluang memiliki keturunan diabetes dalam riwayat anggota keluarga tentu menjadi suatu hal yang perlu diperhatikan.

Meski demikian, tak perlu khawatir, beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa menerapkan pola makan sehat dan olahraga secara teratur merupakan beberapa cara untuk mencegah keturunan diabetes tipe 2.

Baca juga: Cegah Diabetes Melitus, Penyakit akibat Gaya Hidup

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah risiko keturunan diabetes.

1. Mengurangi asupan gula

Beberapa hasil studi menunjukkan korelasi antara seringnya mengonsumsi asupan gula dengan risiko penyakit diabetes tipe 2.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com