Punya Keturunan Diabetes? Cegah Risikonya dengan 5 Langkah Ini

Kompas.com - 18/11/2019, 22:03 WIB
Ilustrasi diabetes shutterstockIlustrasi diabetes
Editor Wisnubrata

 

KOMPAS.com - Bagi yang mempunyai keturunan diabetes atau memiliki anggota keluarga yang menderita diabetes, sebaiknya perlu berhati-hati. Pasalnya, hal tersebut dapat meningkatkan peluangmu terkena penyakit diabetes.

Ya, diabetes, khususnya diabetes melitus tipe 2, memiliki hubungan yang sangat erat dengan riwayat dan keturunan keluarga, dibandingkan dengan diabetes tipe 1.

Diperingati setiap 14 November, Hari Diabetes Dunia tahun ini diselenggarakan untuk meningkatkan kesadaran akan dampak diabetes pada keluarga dan melakukan dukungan bagi para anggota keluarga yang menderita diabetes.

Tema yang diangkat, yakni “Keluarga dan Diabetes”, dirasa tepat untuk meningkatkan peran keluarga dalam pengelolaan, perawatan, pencegahan, dan pendidikan diabetes.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa faktor genetik berperan penting dalam terjadinya penyakit diabetes tipe 2 pada seseorang.

Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa risiko anak terkena diabetes lebih besar saat ibunya menderita diabetes.

Baca juga: Memahami Diabetes, Penyakit yang Masih Menghantui Masyarakat Indonesia

Sedangkan, jika kedua orangtuanya menderita diabetes maka risikonya sebesar 50%. Dan apabila kamu mempunyai saudara kembar yang mengidap diabetes, risikonya dapat mencapai 75%.

Jika kamu mengidap diabetes tipe 2, risiko anak terkena diabetes akan muncul pada usia yang sama seperti saat kamu terdiagnosis penyakit tersebut.

Apabila kamu didiagnosis sebelum usia 50 tahun, anakmu memiliki peluang 1:7 mengalami diabetes tipe 2; sedangkan yang didiagnosis setelah berusia 50 tahun, anakmu memiliki peluang 1:13.

Bisakah keturunan diabetes dicegah?

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X