Sembarang Memberi Obat Maag pada Anak Bisa Sebabkan Infeksi

Kompas.com - 18/11/2019, 22:16 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Tampaknya kini orangtua harus memertimbangkan untuk memberikan obat maag untuk menurunkan asam lambung pada anak-anak mereka.

Para peneliti menemukan, sering menggunakan obat-obatan untuk mengobati gangguan pencernaan pada anak-anak mungkin memiliki beberapa efek negatif.

Studi baru, yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics, menyoroti bahwa banyak orangtua percaya Proton Pump Inhibitors (PPIs) - golongan obat maag untuk menurunkan asam lambung, seperti Prilosec, Protonix, dan Nexium, dan obat lain untuk orang dewasa juga dapat digunakan untuk mengurangi asam lambung pada anak-anak.

Temuan menunjukkan, ada peningkatan jumlah pasien muda yang mengalami efek negatif obat.

"PPI umumnya digunakan pada anak-anak untuk mengobati gangguan pencernaan, dan kami melihat peningkatan jumlah kejadian infeksi yang merugikan terkait dengan penggunaannya," kata Sara Van Driest, ketua peneliti dan asisten profesor pediatri di Monroe Carell Jr. Children's Hospital di Vanderbilt.

Baca juga: Berbagai Minuman yang Bisa Mengurangi Gejala Asam Lambung

"Karena obat-obatan ini bisa dibeli tanpa resep untuk orang dewasa, maka dianggap sebagai pilihan yang aman untuk anak-anak. Tetapi yang kami temukan adalah bahwa PPI bukan tanpa risiko."

Van Driest dan timnya menganalisis DNA yang dikumpulkan dari 670 bayi yang terpapar PPI, usia 0 hingga 3 tahun.

Para peneliti membagi peserta berdasarkan kesehatan, kondisi kesehatan kronis, dan tingkat fungsi enzim.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X