Kompas.com - 19/11/2019, 17:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Membersihkan wajah secara teratur saja tidak cukup untuk mewujudkan impian memiliki kulit yang sehat dan cerah. Kamu perlu menambahkan serum vitamin C dalam rutinitas skincare sehari-hari.

Vitamin C merupakan antioksidan yang kuat, yang berarti mampu mencegah atau mengurangi kerusakan pada sel kulit. Zat ini bekerja dengan menetralkan produksi radikal bebas.

"Dengan kata lain, vitamin C membantu proses regenerasi alami kulit dan melindungi dari stresor seperti polusi dan sinar matahari yang menyebabkan kerusakan pada kulit," kata ahli dermatologi Morgan Rabach.

Tidak hanya itu, vitamin C juga merangsang kulit untuk memproduksi lebih banyak kolagen dan elastin, sehingga kulit lebih kencang dan tidak "turun".

Jika itu tidak cukup, vitamin C juga merupakan zat yang mampu mencerahkan kulit dan menyamarkan bekas jerawat.

"Vitamin C akan menghambat produksi melanin, yang membuat bintik hitam di kulit dan warna kulit tidak rata," kata Rabach.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan serum vitamin C dengan tepat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Cara Tepat Menyimpan Serum Wajah Agar Tak Cepat Rusak

Sebaiknya vitamin C dipakai di pagi hari, karena kandungan antioksidannya akan melindungi kulit dari polutan dan stresor sepanjang hari.

Selain itu, simpan botol serum di tempat yang terlindungai dari cahaya.

"Vitamin C bisa dipecah dan menjadi kurang efektif jika terpapar cahaya atau udara, jadi pilih serum di botol gelap dan simpan dengan rapat," katanya.

Jenis vitamin C yang paling umum adalah L-ascorbic acid. Memakainya dalam bentuk serum merupakan cara terbaik karena akan membuatnya stabil dan bisa menyerap ke kulit dibandingkan dalam pelembab.

Untuk hasil lebih maksimal, kita bisa mengombinasikannya dengan antioksidan seperti vitamin E dan asam ferulic.

Jika memiliki kulit sensitif, sebaiknya gunakan dari konsentrasi rendah, seperti 5 persen vitamin C dan gunakan satu atau dua kali seminggu. Jika ternyata tak ada reaksi alergi, bisa ditingkatkan jadi setiap hari.

Menurut Rabach, hasil dari serum vitamin C tergantung pada kekuatan dan seberapa sering kita menggunakannya. Tetapi, secara umum sebulan setelah pemakaian kita bisa melihat hasilnya.

Baca juga: Agar Kulit “Glowing” Jangan Sampai Kekurangan Vitamin C

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X