Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/11/2019, 23:05 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Setelah melakukan aktivitas padat dan menghadapi lalu lintas macet sepanjang hari, menghabiskan libur akhir pekan dengan istirahat di rumah terasa sangat damai dan menyegarkan.

Sambil istirahat, kamu bisa menonton film sepanjang hari di kamar yang sejuk dan di atas kasur yang empuk.

Meski terlihat seperti aktivitas bermalas-malasan, tetap ada manfaat istirahat yang kita rasakan, terutama bagi kesehatan fisik maupun mental.

Kapan kita butuh istirahat?

Banyak aktivitas dapat dipilih untuk menghabiskan libur akhir pekan, misalnya jalan-jalan ke luar kota atau sekedar ke taman dekat rumah.

Tetapi jika kamu menunjukkan gejala berikut, sebaiknya lupakan kegiatan di luar rumah dan pilihlah untuk istirahat saja di rumah.

Kaku otot: pegal setelah beraktivitas sebetulnya adalah hal normal, tapi kaku otot yang tidak kunjung hilang menandakan tubuh butuh istirahat atau rebahan.

Jangan tunggu sampai merasakan kelelahan yang ekstrem karena itu justru akan membawa masalah kesehatan yang lebih parah.

Nyeri otot: nyeri pada otot atau sendi yang juga tidak kunjung hilang mungkin menandakan adanya cedera. Sebagai langkah pertama, tidak ada salahnya jika kamu menghabiskan waktu libur dengan istirahat.

Moody: jika kamu mengalami perubahan suasana hati yang sangat fluktuatif (moody), sudah saatnya beristirahat. Pasalnya, kelelahan juga dapat mengakibatkan kita mengalami gangguan emosi seperti mudah marah.

Tidur terganggu: ketika level hormon kortisol dan adrenalin di dalam tubuh tinggi akibat terlaku banyak aktivitas, kamu akan kesulitan tidur.

Performa kerja menurun: jika bos mulai mengeluh performamu tidak sebagus dahulu, sudah saatnya kamu mengambil cuti dan lebih banyak istirahat di rumah.

Baca juga: Istirahat Cukup, Rahasia Sukses ala Jeff Bezos

Manfaat istirahat untuk kesehatan

Jangan sepelekan istirahat karena kegiatan yang terlihat seperti malas bergerak alias mager ini ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan.

Bahkan, kita harus menganggap istirahat sebagai kebutuhan tubuh yang wajib dipenuhi, sama seperti olahraga atau mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com