Virtual Influencer Bakal Menggeser Influencer Nyata?

Kompas.com - 20/11/2019, 07:00 WIB
Instagram Likes IstInstagram Likes

KOMPAS.com – Para “guru media sosial” selalu mengatakan agar sukses dan akun kita dilirik oleh brand, kita harus menjadi lebih human, lebih memanusiakan akun kita, bahwa hubungan antar-manusia yang terpenting.

Memang ada banyak contoh sukses akun media sosial merek di dunia maya yang menerapkan jurus tersebut. Sebaliknya, ada tren yang berlawanan yang kini terus berkembang. Hal ini menimbulkan pertanyaan akan masa depan para influencer (orang berpengaruh) di media sosial.

Dalam beberapa tahun terakhir, bermunculan influencer virtual, yakni sosok virtual yang dibuat dengan kecerdasan buatan (AI) dan teknologi canggih lain sehingga terlihat terlihat nyata.

Kepopuleran influencer virtual ini terus menanjak, terutama di Instagram. Ada beragam jenis influencer virtual, mulai dari yang sosoknya kartunis, mirip karaktr Sim yang hiper-realistik, hingga yang sulit dibedakan dengan manusia nyata.

HypeAuditor, sebuah platform analisis media sosial, melakukan perbandingan tingkat keterkaitan (engagement) antara influencer nyata dengan yang virtual. Hasilnya, influencer virtual memiliki engagement tiga kali lipat lebih tinggi.

Hal ini adalah sebuah tren yang menarik, terutama jika kita membicarakan maknanya untuk masa depan pemasaran digital.

Dikutip dari socialmediatoday, jika perhitungan HypeAuditor akan menanjaknya popularitas influencer virtual, maka akan lebih banyak brand yang memanfaatkannya.

Virtual influencer jelas lebih menguntungkan. Mereka tidak dibayar, tidak bias, tersedia 24 jam selama 7 hari dalam seminggu, dan tak disangka, sangat populer.

Walau begitu, saat ini memang masih ada keterbatasan dalam penggunaan karakter virtual. Menciptakan model 3D yang realistik relatif masih mahal, bahkan mungkin lebih mahal dari pada memakai jasa influencer manusia.

Tetapi, seiring dengan kecanggihan teknologi, biaya itu akan terus turun dan membuka pintu bagi para pebisnis untuk memakainya.

 

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X