Cara Mudah Mencegah Penyebaran Kuman dan Bakteri

Kompas.com - 20/11/2019, 08:37 WIB
Menekan tombol lift. ThinkstockMenekan tombol lift.

KOMPAS.com - Mengatur pola makan sehat, tidur nyenyak, dan mempraktikkan manajemen stres adalah penting untuk membangun kekebalan tubuh, yang dapat melindungi kita dari berbagai serangan kuman yang ada di sekeliling kita setiap hari.

Selain menjaga kekebalan tubuh, penting juga bagi kita untuk menjaga benda-benda tetap bersih dan mewaspadai kuman-kuman yang bisa mengundang bakteri penyebab penyakit.

Sebuah penelitian menemukan, 340 jenis bakteri berbeda ditemukan di 30 objek yang kita gunakan sehari-hari seperti ponsel, kunci, microwave, dan produk make-up.

Menggunakan pembersih tangan, tisu desinfektan, menggunakan air dan pemutih pada produk-produk tersebut dapat membantu menghilangkan kuman.

Baca juga: Ngeri! Satu Dispenser Bisa Menghasilkan Banyak Kuman dan Penyakit

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan cuci tangan secara teratur selama sekitar 20 hingga 30 detik dengan membilasnya memakai sabun dan air untuk menghindari penyakit.

Selain benda-benda yang sering kita pakai, kuman juga banyak ditemukan di beberapa tempat yang biasa kita kunjungi. Mengambil langkah pencegahan di tempat-tempat berikut ini sangat penting untuk memerangi kuman.

Rumah sakit

Rumah sakit, khususnya ruang gawat darurat, dipenuhi dengan kuman dan dianggap sebagai tempat paling berisiko untuk membuat kita terserang infeksi.

Faktanya, sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2000 menemukan bahwa 80.000 orang telah meninggal karena infeksi yang mereka alami di rumah sakit setiap tahun.

Orang yang mengunjungi keluarga mereka di ruang gawat darurat harus menghindari hal itu dan alih-alih berbicara langsung dengan dokter.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X