Penuaan Dini, Bahaya Gula yang Jarang Disadari

Kompas.com - 20/11/2019, 15:06 WIB
Ilustrasi gula shutterstockIlustrasi gula
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tidak hanya membuat gigi berlubang dan meningkatkan risiko diabetes, mengonsumsi gula berlebih ternyata juga berpengaruh pada kesehatan kulit. Salah satu bahaya gula yang jarang disadari adalah penuaan dini.

Selain itu, konsumsi gula berlebih juga ternyata bisa membuat kulit menjadi berjerawat. Lalu, apa yang sebenarnya membuat gula bisa berpengaruh pada kulit? Berikut penjelasannya.

Mengonsumsi terlalu banyak gula, bisa memicu terjadinya proses glikasi. Dalam proses ini, kelebihan gula yang terdapat di tubuh kemudian bergabung dengan protein, membentuk suatu komponen yang dinamakan advanced glycation end prooducts (AGES).

Komponen AGES ini, dapat merusak kolagen dan elastin di kulit. Padahal, keduanya berfungsi menjaga kulit menjadi tetap kencang, kenyal, serta terlihat awet muda.

Jika kolagen dan elastin di kulit rusak, maka kulit akan mengendur dan muncul kerutan.

Baca juga: Efek Nyata Kebanyakan Konsumsi Gula pada Kulit

Bahkan disebutkan, orang dengan kebiasaan mengonsumsi karbohidrat (yang memang merupakan sumber gula), cenderung memiliki lebih banyak kerutan pada kulit, dibandingkan dengan orang yang lebih banyak mengonsumsi protein.

Contoh asupan tinggi gula yang bisa memicu penuaan dini

Makanan yang tinggi gula, tidak melulu memiliki rasa manis. Makanan tinggi karbohidrat seperti roti tawar dan nasi putih, juga memiliki indeks glikemik yang tinggi.

Indeks glikemik adalah angka yang menunjukkan keceparan karbohidrat di tubuh diproses menjadi gula. Semakin tinggi nilainya, maka semakin buruk.

Minuman seperti soda, juga bisa memicu proses penuaan pada kulit. Selain bahaya dari gula, soda juga tinggi akan kandungan kafein, yang bisa mengganggu siklus tidur. Jangan sampai kamu kurang tidur karena hal ini. Sebab, kurang tidur bisa menyebabkan kulit keriput.

Baca juga: Yang Terjadi pada Tubuh Saat Kita Berhenti Mengonsumsi Gula

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X