Kompas.com - 20/11/2019, 20:28 WIB
Ilustrasi minyak zaitun shutterstockIlustrasi minyak zaitun
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pecinta salad dan orang yang sedang menjalani pola hidup sehat tentunya familiar dengan manfaat minyak zaitun yang digunakan untuk memasak atau sekedar tambahan dalam hidangan yang akan dikonsumsi.

Minyak zaitun merupakan lemak yang diambil dari buah pohon zaitun yang berasal dari daerah Mediterania. Berbeda dengan minyak lainnya, minyak zaitun dianggap sebagai minyak sehat yang dapat dijadikan alternatif mentega, margarin, ataupun minyak sayur.

Minyak zaitun bisa dikatakan sebagai minyak yang serbaguna. Manfaat minyak zaitun beragam, mulai dari menjaga kesehatan sampai memberikan nutrisi bagi kulit.

Terdapat beberapa jenis minyak zaitun, yaitu virgin olive oil, extra virgin olive oil, minyak zaitun asli (pure olive oil), dan light olive. Masing – masing dari olive oil ini memiliki khasiat serta manfaat baik bagi tubuh.

Menurut Nutrusionis Ayunova, S.Gz, minyak zaitun bisa digunakan sebagai sumber lemak, sumber energi, antioksidan, mencegah kanker, dan mencegah alzeimer.

Setiap hari tubuh membutuhkan sekitar 30 persen lemak untuk dikonsumsi. Nah, minyak zaitun termasuk sumber lemak yang aman dan sehat untuk dipakai sebagai tambahan dalam makanan seperti salad.

Minyak zaitun juga kaya antioksidan yang secara biologis dapat mengurangi risiko penyakit kronis, seperti mencegah dan mengurangi risiko kanker, membantu melindungi kolesterol darah, dan dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai skincare, minyak zaitun berguna untuk menjaga kesehatan kulit sekaligus mengobati infeksi bakteri pada kulit, seperti terbakar oleh sinar matahari, kulit sensitif, dan gatal-gatal.

Baca juga: Minyak Zaitun Bersihkan Sumbatan Pembuluh Darah

Menurut laman SehatQ, ada banyak kegunaan minyak zaitun untuk kesehatan kita. Apa saja?

1. Melindungi organ jantung

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.