The Purun, Koleksi Tas Cantik dari Rumput Liar

Kompas.com - 21/11/2019, 17:28 WIB
Perancang busana Vivi Zubedi dengan koleksi The Purun saat diabadikan di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, belum lama ini. KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG Perancang busana Vivi Zubedi dengan koleksi The Purun saat diabadikan di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, belum lama ini.

KOMPAS.com—Perancang busana Vivi Zubedi menghadirkan koleksi terbarunya. Kali ini Vivi tak membuat busana muslim ataupun koleksi jilbab, melainkan koleksi tas cantik yang terbuat dari rumput liar.

Koleksi yang diberi nama The Purun ini memakai bahan rumput liar yang disebut purun. Di tangan masyarakat di Kelurahan Palam, Kecamatan Cempaka Banjarbaru Kalimantan Selatan, purun sering dipakai menjadi kerajinan berupa tas, kipas hingga tikar.

“Prosesnya dikeringkan rumputnya, lalu dikeringkan. Kemudian kalau butuh diwarnai, rumputnya akan diwarnai dengan dimasak dan diberi pewarna alami lalu dikeringkan kembali. Baru dianyam dan dibentuk,” ujar Vivi saat ditemui di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Sebagai desainer, Vivi lantas melihat bahwa tas dari purun sebenarnya bisa diubah menjadi tas yang fashionable. Ia berkolaborasi dengan masyarakat Banjar untuk membuat tas yang kemudian dimodifikasi dengan gaya Boho chic.

Gaya bohemian ini tampak dengan cara Vivi menambahkan elemen warna-warni eklektik yang semarak.

Ditambah lagi dengan penggunaan pompom, renda, potongan cermin, manik-manik, maupun kain bermotif yang membuat tampilan tas koleksi The Purun ini semakin cantik.

Tak hanya tampilannya, Vivi berani menjamin bahwa koleksi The Purun ini juga kuat.

“Karena dia tanaman liar, malah tas ini tahan badai,” kata Vivi.

Melalui koleksi ini, Vivi juga berharap bisa membantu ekonomi kreatif masyarakat Banjarbaru dengan memperluas pasar penjualan.

“Tak hanya sampai di sini, saat ini saya sedang mencoba membuka jalan perdagangan internasional,” ungkap Vivi.

Baca juga: Vivi Zubedi Perkenalkan Kain Kalimantan ke New York Fashion Week

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X