Kompas.com - 22/11/2019, 06:40 WIB
Ilustrasi demam Wavebreakmedia LtdIlustrasi demam

KOMPAS.com – Demam bukanlah sebuah penyakit, melainkan gejala dari adanya infeksi atau gangguan lain dalam tubuh. Pilek dan flu bukan lah satu-satunya penyebab suhu tubuh lebih tinggi dari normal.

Suhu tubuh normal berkisar 37 derajat Celsius, tetapi ini sedikit bervariasi untuk setiap individu dan bahkan dapat turun-naik tergantung pada waktu hari.

"Bisa lebih rendah di pagi hari dan tinggi di sore dan malam hari," kata Michael Hall, seorang dokter yang berbasis di Miami.

Ketika suhu tubuh mencapai 38 derajat Celcius atau lebih tinggi dan berlangsung lebih dari beberapa jam, itu sudah termasuk demam, kondisi yang bisa disebabkan oleh banyak faktor.

Menurut para dokter, beberapa faktor ini juga berperan dari timbulnya demam :

1. Infeksi
Ketika sistem kekebalan mendeteksi ancaman seperti bakteri atau virus, zat yang dikenal sebagai pirogen dilepaskan ke dalam aliran darah untuk mencapai hipotalamus yang bertugas mengatur suhu tubuh.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Ketika hipotalamus mendeteksi pyrogen, suhu tubuh akan naik dan menyebabkan demam sebagai upaya membunuh bakteri dan virus,” jelas Diana Gall, dokter umum.

Demam tinggi adalah salah satu cara tubuh dalam merespons dan melawan infeksi, tetapi suhu tubuh yang terlalu tinggi juga bisa berbahaya.

"Jika demamnya terus-menerus naik dan tidak turun dengan obat rumahan, Anda harus menemui dokter. Terutama jika demam disertai dengan sakit kepala yang parah, sulit bernapas, ada darah dalam urin atau feses, kemerahan pada kulit atau ruam, atau muntah. 

2. Aktivitas fisik luar ruang berlebihan
Suhu luar ruangan di bawah sinar matahari dan produksi panas aktivitas fisik akan membuat tubuh dapat menjadi panas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X