Pekerjaan Populer yang Belum Eksis 20 Tahun Lalu

Kompas.com - 23/11/2019, 11:00 WIB
Ilustrasi startup Thinkstockphotos.comIlustrasi startup

KOMPAS.com - Teknologi dan internet terus-menerus mengubah cara kita bekerja, hidup, dan bermain. Selain itu, teknologi juga membuat banyak pekerjaan yang dimiliki orang pada tahun 90-an menjadi kuno dan telah menciptakan sejumlah pekerjaan baru yang belum pernah ada sebelumnya.

Menjual lilin artisan melalu online hingga mengelola media social, berikut adalah pekerjaan generasi milenial dan generasi Z yang bahkan belum eksis 20 tahun lalu:

Pengembang Aplikasi
Sebelum akhir tahun 2000 belum banyak aplikasi yang tersedia. Pada 2019, aplikasi adalah segalanya dan sangat membantu dalam menghemat waktu dan biaya. Aplikasi masih akan terus berkembang dan membutuhkan developer (pengembang) yang mampu melihat kebutuhan, memikirkan ide, dan mewujudkannya.
Pekerjaan di bidang teknologi seperti analis web, spesialis SEO, dan ahli coding, bahkan belum dikenal sebelumnya.

Operator drone
Drone atau pesawat nirawak memang sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu, perusahaan komersial seperti Amazon baru mulai menggunakan drone sebagai alat transportasi dalam lima tahun terakhir.

Bidang pertanian, pertambangan, hingga pembuatan film juga memanfaatkan drone dan tentunya pengoperasiannya membutuhkan operator. Dibutuhkan sertifikasi khusus agar kita bisa menerbangkan drone di ruang udara.

Baca juga: Aturan Soal Sertifikasi Pengguna Drone Ditargetkan Rampung Akhir 2019

Moderator konten
Internet dapat menjadi wadah bagi orang-orang untuk berbagi karya seni, mengutarakan pendapat, dan terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia.

Maka dari itu, dibutuhkan moderator konten untuk memastikan sebuah platform yang beranggotakan beragam orang tetap aman dan menyenangkan bagi pengunjung situs untuk menghabiskan waktu.

Seorang moderator akan menyaring semua hal yang diunggah dalam sebuah situs, seperti Facebook atau YouTube dan memastikan pengguna mematuhi ketentuan situs. Moderator konten juga membersihkan item yang dianggap tidak pantas dalam sebuah situs.

Host Podcast
Saat ini hampir semua orang memiliki podcast, sebuah bentuk lanjutan dari radio.
Pada dasarnya, Podcast adalah acara radio di ponsel yang bisa membahas apa saja dari kesehatan, musik, film, hingga memilih saham yang menguntungkan.

Host podcast dapat menghasilkan uang dengan cara membaca iklan selama siaran mereka, pergi tur untuk direkam dan dibagikan ke pendengar, atau menggunakan situs seperti Patreon di mana penggemar dapat membayar sejumlah uang dengan imbalan konten tambahan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X