Mengajak Anak Bicara Seksualitas Tanpa Menghakimi

Kompas.com - 23/11/2019, 13:44 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com—Banyak orangtua menganggap bicara seputar seksualitas dengan anak bukan hal mudah. Padahal, orangtua dianjurkan untuk memberikan pendidikan seks kepada anak untuk menghindari pemahaman yang salah atau anak mencari sumber yang tidak tepat.

“Informasi dari orangtua mereka juga bisa membantu anak mendapat informasi yang benar, pantas dan baik,” kata psikolog Inez Kristanti dari Clinical Psychologist & Sexuality Educator dalam acara Eduka5eks Durex di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (21/11/2019).

Bila anak tidak mendapatkan edukasi seks yang baik dari sumber yang tepat, ditakutkan anak akan mencari tahu sendiri dengan cara yang salah. 

Inez juga mengimbau pada orangtua untuk memberikan edukasi seksual tanpa menghakimi anak.

“Orangtua bisa jadi tempat yang mana untuk membicarakan seksualitas tanpa judgement. Jadi kalau ada kebingunan tanya saja ke orangtuanya. Orangtuanya sejak dini membiasakan komunikasi sejak dini seperti itu,” kata Inez.

Pendidikan tentang seks juga sebaiknya dilakukan orangtua sejak dini. Materi yang diberikan haruslah sesuai dengan umur si anak, dimulai dari hal sederhana seperti pengenalan organ tubuh dan cara merawatnya.

“Orangtua memang harus proaktif mencari informasi,” lanjut Inez.

Baca juga: Jangan Salah, Pendidikan Seks Perlu Dimulai sejak Balita

Untuk orangtua, lima langkah Eduka5eks dari Durex ini bisa dicontek untuk memulai memberikan pendidikan tentang seksualitas pada anak.

1. Ayo Pahami

Bersikaplah terbuka untuk memperoleh lebih banyak informasi tentang kesehatan seksual dan organ reproduksi

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X