Joanna Alexandra Cari Tahu Bahasa Cinta Tiap Anaknya

Kompas.com - 23/11/2019, 18:03 WIB
Artis peran Joanna Alexandra saat ditemui di Indonesian Women’s Forum 2019 di Gandaria City Hall, Jakarta Selatan, Jumat (22/11/2019). KOMPAS.COM/Dian Reinis KumampungArtis peran Joanna Alexandra saat ditemui di Indonesian Women’s Forum 2019 di Gandaria City Hall, Jakarta Selatan, Jumat (22/11/2019).

KOMPAS.com— Sebagai orangtua dari empat orang anak, Artis Peran Joanna Alexandra mengaku berusaha menemukan bahasa kasih yang tepat untuk setiap anaknya yang memiliki karakter berbeda.

Keempat anak Joanna dan Radita Oloan Panggabean, yakni Zuriel Paris Jedidiah Panggabean, Zeraiah Moria Phinehas Panggabean dan Ziona Eden Alexandra Panggabean, memiliki jarak usia yang relatif dekat.

“Jadi kita sebagai orangtua itu enggak apa-apa lho mempunyai cara mendidik anak yang berbeda dengan orang lain. Karena aku mengalami sendiri, setiap anak itu berbeda,” ujar Joana saat ditemui di Indonesian Women’s Forum 2019 di Gandaria City Hall, Jakarta Selatan, Jumat (22/11/2019).

Menurut pemain film Cinta Selamanya ini, bila seorang ibu memiliki beberapa anak, maka ibu juga dituntut untuk tahu bagaimana cara menjalin relationship dengan masing-masing anak.

Joanna mengaku bahwa ia menjalin kedekatan dengan putra-putrinya dengan cara mencari tahu bahasa kasih yang mereka suka.

“Itu yang mengenai love language itu. Aku mencari tahu apa bahasa kasih anak-anak aku, karena kadang aku kan bahasa kasihnya sentuhan, aku suka banget dipeluk, dielus-elus,” ujar Joanna.

Dengan mengetahui bahasa kasih dari masing-masing anaknya, kini Joanna semakin mudah menghadapi anak-anaknya yang cenderung berbeda.

“Kalau dulu hanya sekedar aku adalah ibu mereka, kalau sekarang kayak punya special relationship sama yang nomor satu, sama nomor dua juga, nomor tiga dan empat dan kayak lebih intim banget,” kata Joanna.

Konsep bahasa cinta pertama kali dikemukakan oleh Dr. Gary Chapman dalam buku berjudul “The 5 Love Languages: The Secret to Love That Lasts”.

Chapman memperkenalkan konsep 5 bahasa cinta pada dasarnya dimiliki oleh semua orang, tetapi dalam porsi yang berbeda-beda. Kelima bahasa cinta tersebut terdiri dari:

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X