Kompas.com - 24/11/2019, 18:05 WIB
Ilustrasi TLFurrerIlustrasi

KOMPAS.com- Sebagai manusia tentu kita akan terus bertumbuh dan bertambah tua. Semakin bertambahnya usia ilmu serta pengalaman akan bertambah dan membuat kita semakin mampu berpikir bijak.

Tapi di sisi lain, semakin bertambah usia, kekuatan tubuh semakin menurun. Apalagi, jika kita tak menjaganya.

Bagi yang ingin tetap sehat meskipun bertambah usia, salah satu kuncinya adalah menjaga mikrobioma usus kita.

Faktanya, ketika menyangkut kesehatan manusia, ia menjadi prioritas utama karena tidak seperti sendi dan refleks kita, mikroba tidak kehilangan fungsi seiring bertambahnya usia.

Baca juga: Tips Menjaga Usus Tetap Sehat di Musim Hujan

Sekitar 70 persen dari seluruh sistem kekebalan tubuh kita terletak di usus kita, yang berarti bahwa ada komunikasi yang konstan antara usus kita dan sistem kekebalan tubuh kita.

Lalu ada peradangan, yang merupakan respons kekebalan yang kami kembangkan sebagai semacam mekanisme perlindungan sebelum obat ditemukan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, sekarang ini terhubung dengan risiko kesehatan. Ini berarti bahwa kunci untuk memantau peradangan adalah menjaga kesehatan usus dalam kondisi prima.

Sementara itu flora yang hidup di usus tidak seusia dengan kita, mereka, bagaimanapun akan berubah. Jadi, inilah cara yang bisa kita lakukan untuk memastikannya tetap "awet muda”.

1. Pertimbangkan suplemen probiotik atau prebiotik yang diminum setiap hari untuk membantu menjaga kesehatan usus. Dan jika perlu bukti, maka kamu bisa membaca tentang berbagai cara agar bakteri baik ini dapat membantu kesehatan usus.

2. Hindari pola makan Barat. Pasalnya, pola makan ini mengonsumsi jumlah protein hewani yang berlebihan, lemak jenuh, dan makanan olahan yang sangat tidak sehat.

Sebaliknya, pilihlah pola makan nabati yang lebih fokus dengan serat dan nutrisi tinggi, yang semuanya tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan usus, tetapi juga kesehatan seluruh tubuh.

3. Hati-hati dengan antibiotik. Jangan menggunakannya jika tidak perlu, jadi pastikan kamu tidak mengonsumsinya sembarangan. Penggunaan antibiotik yang tak sesuai aturan akan meningkatkan risiko resisten pada antibiotik.

4. Sering bergerak. Pola makan sehat paling baik dipasangkan dengan olahraga yang konsisten. Hasilnya kesehatan tubuh terjaga dan tak mudah lelah.

Baca juga: Awas, Terlalu Banyak Makan Daging Berisiko Merusak Kesehatan Usus



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X