Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/11/2019, 05:05 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, olahraga di pusat kebugaran dapat menjadi hal yang mengintimidasi diri. Padahal, ada cukup banyak jenis latihan dan aktivitas fisik yang bisa dilakukan.

Pada dasarnya semua olahraga dan aktivitas fisik berguna bagi kesehatan kita. Artinya, kamu boleh memilih olahraga apa saja sesuai yang kamu sukai.

Namun tak peduli usiamu saat ini, ada 5 jenis aktivitas fisik yang dianggap terbaik oleh pakar dari Harvard Medical School. Apa saja?

1. Berenang

Berenang dapat meredakan ketegangan sendi yang menyebabkan sakit, dan membantu kita bergerak lebih leluasa. Renang menjadi aktivitas fisik yang sangat baik untuk penderita radang sendi (artritis). Selain itu, secara umum olahraga renang membantu menjaga kesehatan tubuh.

Tak hanya untuk kesehatan fisik, berbagai studi juga telah menemukan bahwa renang memberikan efek positif untuk kesehatan mental serta membantu meningkatkan suasana hati.

Selain renang, olahraga fisik di kolam yang bisa diikuti adalah aerobik dalam air. Aerobik membantu pembakaran kalori serta membantu pembentukan badan.

Baca juga: Terkuak...Ini Alasan Renang Jadi Olahraga Terbaik Bagi Tubuh

2. Tai chi

Tai chi adalah bentuk latihan dari tradisi China yang melibatkan gerakan lambat dan penarikan napas yang dalam. Aktivitas ini amat baik untuk tubuh serta pikiran.

Latihan tai chi sangat disarankan untuk kelompok lanjut usia, karena aktivitas ini menawarkan keseimbangan, sesuatu yang rentan berkurang seiring pertambahan umur.

Untuk melakukan gerakan yang tepat, kita lebih disarankan untuk mengambil kelas tai chi, dibandingkan melakukannya tanpa pendamping.

3. Latihan kekuatan

Aktivitas fisik ini tak hanya untuk pria, perempuan juga dapat melakukan latihan kekuatan. Dengan melakukan olahraga ini, kita dapat mencegah penurunan kekuatan pada otot.

Selain itu, latihan kekuatan juga dapat menjaga berat badan ideal karena massa otot yang lebih banyak membantu tubuh dalam membakar kalori.

Kunci awal dalam melakukan latihan kekuatan adalah gerakan yang tepat. Kita disarankan untuk tidak fokus pada berat beban yang diangkat. Beban ringan dapat menjadi awal mula yang baik, asalkan gerakan yang dilakukan bisa tepat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com