Yang Harus Dilakukan Perempuan Saat Menghadapi Tuntutan Lingkungan

Kompas.com - 25/11/2019, 07:41 WIB
Ilustrasi meditasi ZinkevychIlustrasi meditasi
|
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertanyaan "kapan kawin" mungkin menjadi satu dari sekian banyak ekspektasi lingkungan terhadap seorang perempuan.

Bagi sebagian orang, banyaknya tuntutan tak jarang mengakibatkan stres. Apalagi bagi orang-orang yang ingin sempurna alias perfeksionis.

"Perfeksionisme sama dengan self judgement. Ketika itu terjadi, kita tidak mendengarkan hati dan menjadi diri kita sendiri," kata Meditation practitioner dari The Golden Space, Silvia Basuki beberapa waktu lalu pada acara Indonesian Women's Forum 2019.

Silvia menambahkan, banyak perempuan takut dengan penghakiman (judgement) dari lingkungan sekitar. Ditambah lagi, banyak perempuan kesulitan mengungkapkan kebenaran.

Sejak kecil, banyak perempuan kerap diarahkan untuk melakukan hal-hal tertentu dan dilarang untuk melakukan hal-hal lainnya. Kondisi ini membuat perempuan kerap kesulitan mengekspresikan apa yang dirasakan dan diinginkan.

Tekanan-tekanan yang ada akhirnya membuat perempuan semakin sulit menjadi diri sendiri.

"Padahal kita bisa jadi diri sendiri, otentik, tidak perlu menjadi orang lain. Terbukalah dan jadi diri sendiri," ujarnya.

Tak masalah jika kamu ingin marah dengan segala tekanan yang ada. Namun, penting bagi setiap orang untuk bisa mengendalikan amarahnya dan belajar mencintai dirinya sendiri.

Silvia menambahkan, banyak perempuan terlalu sibuk mengurusi orang-orang di sekitarnya hingga lupa mengurus dirinya sendiri.

"Ya, kita memang perlu mencintai mereka. Tapi tanpa mencintai diri sendiri, bagaimana mau berbagi cinta dengan mereka?"

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X