Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan untuk Anak

Kompas.com - 26/11/2019, 09:50 WIB
Ilustrasi binatang peliharaan shutterstockIlustrasi binatang peliharaan
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Apakah Anda memelihara kucing, anjing, atau hewan peliharaan lainnya di rumah? Lalu, apakah anak Anda ikut memeliharanya juga? Jika iya, ini bisa menjadi hal yang baik untuk anak.

Memiliki hewan peliharaan dapat menjadi pengalaman yang bermanfaat bagi mereka. Dengan memelihara hewan, berbagai karakter baik anak akan tumbuh dan berkembang.

Memelihara hewan adalah komitmen dan tanggung jawab yang besar. Oleh sebab itu, jangan memberi hewan peliharaan untuk anak ketika usia mereka masih sangat kecil.

Anak belum cukup dewasa untuk membantu memelihara hewan peliharaan hingga ia berusia 7 atau 8 tahun. Namun, memelihara hewan dapat memberi manfaat untuk anak, seperti:

Mengajarkan nilai-nilai pada anak

Memiliki hewan peliharaan dapat menumbuhkan atau mengembangkan rasa tanggung jawab dalam diri anak. Meski masih dibantu, namun ini membuatnya berani mengambil tugas.

Mereka bahkan juga bisa menyerap contoh pengasuhan kita untuk diterapkan pada hewan peliharaannya, seperti bersikap baik dan lembut. Hal ini juga menumbuhkan rasa empati dan kasih sayang dalam diri anak.

Meningkatkan harga diri anak

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak yang memiliki hewan peliharaan dalam keluarganya cenderung mempunyai harga diri yang lebih tinggi.

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab memiliki hewan peliharaan dapat membuat anak merasa dicintai dan mencintai, serta merasa memiliki teman untuk diajak berbicara atau bermain.

Halaman:


Sumber
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X