Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/11/2019, 09:50 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Apakah Anda memelihara kucing, anjing, atau hewan peliharaan lainnya di rumah? Lalu, apakah anak Anda ikut memeliharanya juga? Jika iya, ini bisa menjadi hal yang baik untuk anak.

Memiliki hewan peliharaan dapat menjadi pengalaman yang bermanfaat bagi mereka. Dengan memelihara hewan, berbagai karakter baik anak akan tumbuh dan berkembang.

Memelihara hewan adalah komitmen dan tanggung jawab yang besar. Oleh sebab itu, jangan memberi hewan peliharaan untuk anak ketika usia mereka masih sangat kecil.

Anak belum cukup dewasa untuk membantu memelihara hewan peliharaan hingga ia berusia 7 atau 8 tahun. Namun, memelihara hewan dapat memberi manfaat untuk anak, seperti:

Mengajarkan nilai-nilai pada anak

Memiliki hewan peliharaan dapat menumbuhkan atau mengembangkan rasa tanggung jawab dalam diri anak. Meski masih dibantu, namun ini membuatnya berani mengambil tugas.

Mereka bahkan juga bisa menyerap contoh pengasuhan kita untuk diterapkan pada hewan peliharaannya, seperti bersikap baik dan lembut. Hal ini juga menumbuhkan rasa empati dan kasih sayang dalam diri anak.

Meningkatkan harga diri anak

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak yang memiliki hewan peliharaan dalam keluarganya cenderung mempunyai harga diri yang lebih tinggi.

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab memiliki hewan peliharaan dapat membuat anak merasa dicintai dan mencintai, serta merasa memiliki teman untuk diajak berbicara atau bermain.

Hewan peliharaan bahkan juga dapat meningkatkan keterampilan akademik anak. Sebuah studi menunjukkan bahwa anak yang membaca dengan suara keras kepada hewan peliharaan dapat membuat mereka lebih percaya diri untuk membaca.

Menurunkan stres

Menyikat, menepuk, atau mengusap hewan peliharaan berbulu dapat menurunkan tingkat stres, tak hanya bagi orang dewasa namun juga anak-anak.

Selain itu, para ahli juga berpendapat bahwa anak-anak yang tumbuh dengan hewan peliharaan lebih kecil kemungkinannya untuk menderita alergi karena paparan dini terhadap bakteri tertentu.

Tidak semua hewan dapat dipelihara. Oleh sebab itu, jika Anda memiliki keinginan untuk memberi anak hewan peliharaan, maka pilihlah hewan yang cocok untuk mereka.

Baca juga: Punya Hewan Peliharaan Sehatkan Fisik dan Mental

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com