Minyak Kelapa Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Benarkah?

Kompas.com - 26/11/2019, 10:26 WIB
Ilustrasi minyak kelapa belchonockIlustrasi minyak kelapa

KOMPAS.com - Sudah sejak lama minyak kelapa dikenal dengan segudang manfaat kesehatan, mulai dari manfaat untuk menjaga kulit tetap kenyal dan sehat, hingga menurunkan gula darah.

Nah, penurunan berat badan juga termasuk di antara daftar manfaat yang terkait dengan minyak kelapa.

Karena keyakinan itu pula, banyak orang yang mau mengurangi berat badan, lalu menambahkan minyak tropis ini ke dalam makanan dan minuman, termasuk kopi dan smoothie.

Namun, seperti kebanyakan bahan lain yang dipropagandakan untuk menurunkan berat badan, minyak kelapa mungkin bukan solusi penurunan berat badan yang mudah.

Baca juga: Mengapa Berat Badan Mudah Naik, tetapi Sulit Turun?

Lalu, mengapa minyak kelapa direlasikan dengan manfaat menurunkan berat badan?

Meskipun tidak ada keraguan bahwa minyak kelapa adalah lemak sehat, tapi tidak jelas apakah produk populer ini sama efektifnya untuk menurunkan berat badan.

Keyakinan bahwa minyak ini bisa membantu menurunkan berat badan terutama didasarkan pada klaim bahwa minyak ini dapat mengurangi rasa lapar.

Lalu, ada juga fakta produk kelapa mengandung lemak spesifik yang disebut medium-chain triglycerides (MCT).

MCT dimetabolisme secara berbeda dari long-chain triglycerides (LCT) yang ditemukan dalam makanan seperti minyak zaitun dan mentega kacang.

MCT termasuk asam kaprat, kaprilat, kaproat, dan laurat -meskipun ada beberapa kontroversi mengenai termasuk asam laurat dalam kategori ini.

Tidak seperti LCT, 95 persen MCT cepat dan langsung diserap ke dalam aliran darah - khususnya vena portal hati -dan digunakan langsung untuk "bahan bakar".

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X