Cara Ampuh Menurunkan Bobot Tubuh hingga 10 Kg

Kompas.com - 27/11/2019, 10:13 WIB
Ilustrasi menimbang berat badan katiko-dpIlustrasi menimbang berat badan
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Banyak orang menargetkan penurunan berat badan dalam jumlah yang cukup besar, misalnya 10 kilogram. Target itu sebetulnya tak sulit untuk dicapai, tetapi tidak juga bisa terjadi hanya dalam semalam.

Ahli gizi dan penampil kompetisi Strongwoman, Jennifer McAllister, MS, RD menjelaskan, waktu yang dibutuhkan untuk menurunkan berat hingga 10 kg dipengaruhi berbagai faktor, seperti genetik, aktivitas, dan kebiasaan pola makan.

"Tingkat penurunan berat badan yang diterima secara umum adalah 0,2 hingga setengah kilogram per minggunya. Jadi, atur target lima hingga enam bulan untuk mencapai penurunan berat badan 10 kg," katanya.

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan usaha penurunan berat badan tersebut:

1. Perbanyak konsumsi sayur

McAllister menyarankan untuk memenuhi setengah piring makan dengan sayuran. Konsumsi serat dari sayuran akan membuat kita cepat kenyang.

Kamu juga bisa mengonsumsinya di luar jam makan. Apa pun jenis sayuran yang kamu konsumsi, pastikan sayur tersebut bebas atau minim garam tambahan.

Sayuran juga mengandung karbohidrat. Namun, kamu tak perlu khawatir akan mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat jika mengonsumsi banyak sayuran.

Sebab, jenis karbohidrat yang perlu kamu hindari adalah karbohidrat yang minim nutrisi, seperti roti putih, pasta putih, keripik kentang, hingga kentang goreng.

Baca juga: Banyak Makan Sayur dan Buah Mengurangi Risiko Kematian, Apa Sebabnya?

2. Mengurangi stres

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber menshealth
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X