Kompas.com - 27/11/2019, 14:05 WIB
Ilustrasi menikah. SHUTTERSTOCKIlustrasi menikah.

KOMPAS.com — Banyak hal yang harus disiapkan oleh pasangan sebelum menikah. Selain tentang acara pernikahan dan berkas-berkas, tubuh juga harus dipersiapkan jelang pernikahan.

Menurut dr.Vernita Eng, MSc selaku perwakilan dari Yayasan Kanker Indonesia DKI Jakarta, sebelum menikah, ada baiknya para calon pengantin melakukan pemeriksaan kesehatan dan melakukan vaksinasi.

“Kalau untuk sebelum menikah itu khususnya untuk perempuan, karena persiapan perempuan setelah menikah adalah hamil. Maka nomor satu adalah vaksin HPV, karena yang terbaik itu diberikan sesaat sebelum menikah atau saat remaja,” kata Vernita dalam ara Halodoc Ingatkan Pentingnya Vaksinasi HPV Pasangan yang Berencana Menikah di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (26/11/2019).

Selanjutnya Vernita juga menyarankan untuk keduanya melakukan vaksin hepatitis B.

“Karena tidak ada salahnya ya, kita kan setiap hari terkena paparan-paparan,” ungkap Vernita lagi.

Baca juga: Berapa Usia Ideal Menikah?

Untuk wanita, yang mungkin akan langsung mengandung setelah menikah, vaksin MMR juga dianjurkan untuk dilakukan.

“Soalnya saat hamil jangan sampai terkena campak dan cacar,” ujar Vernita.

Sebagai tambahan, calon pengantin wanita juga bisa melakukan vaksin influeza.

“Kalau mau ditambahkan, vaksin flu juga perlu. Karena kalau hamil itu, obat batuk dan flu tidak ada yang benar-benar aman,” ujar Vernita.

Untuk laki-laki, suntik vaksin HPV juga disarankan. Pasalnya, virus HPV rupanya juga bisa menyerang pria.

“Peran pria bukan hanya pembawa tapi juga bisa terinfeksi, bahkan 8 dari 10 orang pernah terpapar HPV, ini umum sekali virusnya,” ujar Vernita.

“ini bisa menyebabkan nasofaring, kanker penis, kanker anus, dan kutil kelamin. Jadi bisa jadi pembawa dan juga bisa terkena,” imbuh Vernita.

Baca juga: 7 Pemeriksaan Kesehatan Penting Sebelum Menikah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.