Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/11/2019, 17:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi seorang ibu adalah hal yang baru bagi seorang perempuan. Hal ini terutama dirasakan ketika seorang perempuan mengandung atau baru saja memiliki anak.

Untuk menjalankan peran yang baru disandang, tentu seorang ibu perlu membekali diri dengan banyak informasi. Meski begitu, walau sudah mempersiapkan diri sebaik-baiknya, terkadang ada saja hal yang terlewat.

Bergabung dengan komunitas ibu merupakan salah satu cara untuk berbagi pengalaman sehingga ibu tidak merasa sendirian.

Deputy Country Manager platform dan komunitas parenting, theAsianparent Indonesia, Melissa Andini menjelaskan, manfaat utama yang terasa dengan bergabung dengan komunitas parenting adalah mendapatkan sistem dukungan (support system) yang kuat.

Sebab, dengan hanya bermodalkan ponsel dan koneksi internet, seorang perempuan bisa mendapatkan banyak informasi parenting serta berbagi kisah dengan sesama ibu.

Hal ini sangat penting, terutama bagi calon ibu atau ibu muda yang belum memiliki banyak pengalaman dalam mengurus anak.

"Karena sebenarnya banyak sekali yang mengalami perjalanan sama, menanyakan sesuatu yang sama, di waktu yang sama, tetapi mereka kayak enggak punya teman."

"Terutama ketika mereka misalnya tinggal di kota yang tidak banyak komunitas atau agak jauh," kata Melissa ketika ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (27/11/2019).

Baca juga: Jenis Teman yang Dibutuhkan Setiap Ibu Baru

Dalam sebuah komunitas, seorang ibu muda tak perlu khawatir dihakimi karena sesama ibu cenderung akan menguatkan dan memberi dukungan satu sama lain. Informasi yang diberikan oleh ibu-ibu lain juga berdasarkan pengalaman nyata mereka ketika mengurus anaknya.

Mencari informasi lewat komunitas lokal juga bisa menyeimbangkan informasi yang kita dapatkan dari sumber-sumber lainnya. Sebab, kebutuhan para ibu lokal berbeda dengan kebutuhan para ibu dari negara atau benua lain.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.