Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/11/2019, 18:17 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Manusia modern sepertinya memang menyukai minuman yang mengandung kafein. Bukan cuma kopi, tapi juga teh, cokelat, soda, dan minuman berenergi, semuanya mengandung kafein dalam beragam takaran.

Karena seringnya orang mengonsumsi minuman berkafein, para peneliti sampai bisa menemukan jejak kafein dalam darah.

Tim peneliti dari Universitas State Oregon, Amerika Serikat, membuktikannya secara tak sengaja ketika mereka sedang meneliti tentang bagaimana obat berinteraksi berbeda dalam tubuh.

Tim peneliti menggunakan 18 batch sampel darah dari suplier biomedik yang berasal dari bank darah dalam penelitian ini.

Ternyata, seluruh sampel darah itu positif memiliki kandungan kafein. Selain itu, tim peneliti juga menemukan jejak “obat batuk” dan obat anti-kecemasan.

Memang tidak disebutkan berapa banyak kafein yang dikonsumsi oleh orang yang darahnya diambil dalam sampel ini.

Dari kacamata kontamintasi, sebenarnya kafein bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Namun, bisa menjadi petunjuk bahwa manusia modern tak bisa lepas dari minuman berkafein.

Walau kafein tergolong aman, tetapi ada batasan konsumsinya sebaiknya tidak lebih dari 400 mg perhari atau sekitar empat cangkir.

Kafein merupakan stimulan sehingga bisa meningkatkan tekanan darah dan detak jantung. Pada ibu hamil, konsumsi kafein dikhawatirkan bisa membuat ibu dan bayinya terjaga.

Hasil penelitian ini juga membuka mata bahwa ada kemungkinan darah yang dipakai dalam transfusi darah terkontaminasi oleh zat-zat dalam obat.

Baca juga: Alkohol dan Nikotin Lebih Mengganggu Tidur Ketimbang Kafein

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com