Main Board Game, Cara Asyik Melindungi Kemampuan Otak

Kompas.com - 27/11/2019, 20:04 WIB
Salah satu prototipe Board Game buatan tim peserta Fatimah Kartini BohangSalah satu prototipe Board Game buatan tim peserta

KOMPAS.com – Board game atau papan permainan ternyata memiliki banyak fungsi. Selain untuk rileks dan media edukasi, board game ternyata juga bisa melindungi kemampuan otak menurun di usia lanjut.

Jenis board game yang paling terkenal di Indonesia barangkali Ular Tangga atau Monopoli. Namun, kini ada beragam permainan papan yang tak kalah menariknya dan bisa dimainkan bersama teman atau keluarga.

Menurut penelitian, gim non-digital seperti board game atau main kartu ini sangat bermanfaat untuk kemampuan otak. Bahkan, orang yang sering memainkannya memiliki kemampuan memori dan daya pikir yang lebih baik ketika mereka berusia lanjut.

Yang menarik, tak ada kata terlambat untuk menjaga kemampuan otak. Mereka yang baru bermain board game atau main kartu, ternyata tetap mendapatkan manfaatnya.

Tim peneliti dari Universitas Edinburgh menguji lebih dari 1000 orang berusia 70 tahun untuk mengetahui kemampuan mengingat, memecahkan masalah, kecepatan berpikir, dan kemampuan umum lainnya.

Hasilnya, ketika kemampuan otak mereka dites lagi 9 tahun kemudian, ternyata mereka yang sering main board game memiliki skor lebih baik.

Selain memainkan permainan non-digital, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melindungi otak, misalnya saja tidak berlebihan konsumis alkohol, aktif bergerak, dan menjaga pola makan sehat.

Baca juga: 6 Cara Menenangkan Otak yang Sibuk



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X