Kompas.com - 28/11/2019, 08:42 WIB
Ilustrasi mata shutterstockIlustrasi mata
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Seiring pertambahan usia, kulit akan kehilangan elastisitasnya. Hal ini akan berisiko memunculkan tanda-tanda penuaan seperti kerutan wajah dan garis-garis halus, termasuk di bagian wajah mata.

Kerutan dan garis halus, termasuk yang muncul di bagian bawah mata, dapat terjadi karena berbagai faktor. Selain faktor usia, tanda-tanda tersebut juga dapat terjadi karena radiasi sinar matahari, merokok, dan pergerakan wajah yang berulang.

Walau sebenarnya tak ada yang salah untuk membiarkan kerutan tersebut, ada beberapa cara menghilangkan kerutan di bawah mata.

Baca juga: Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami agar Lebih Percaya Diri

 

Setidaknya cara ini akan membantu menyamarkan garis-garis halus di bawah mata. Apa saja pilihan caranya?

1. Mengatasi alergi pada mata terlebih dahulu

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Alergi dapat menjadi masalah pada mata, seperti menimbulkan peradangan dan mata yang berair. Apabila terkena alergi, kita lebih berisiko untuk menggosok-gosoknya sehingga mata pun memerah dan membuat kulit di sekitarnya menjadi kering.

Apabila memiliki alergi pada mata, atau memiliki riwayat alergi, prioritaskan untuk mengatasinya terlebih dahulu. Mengatasi alergi dapat membantu wajah terlihat lebih rileks. Selain itu, kulit di bawah wajah pun lebih terlindungi.

2. Mengeksfoliasi kulit bagian bawah mata dengan lembut

Untuk merangsang pertumbuhan sel kulit baru di bagian bawah mata, kita bisa mengeksfoliasi sel kulit mati di area tersebut dengan lembut. Pastikan hanya menggunakan produk yang dibuat khusus untuk area bagian bawah mata.

Penting untuk diingat, lakukan eksfoliasi tersebut dengan lembut dan tidak mengenai mata. Sebab, mata amatlah sensitif terhadap zat-zat kimia.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.