Sederet Manfaat Bawang Merah yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Kompas.com - 28/11/2019, 22:42 WIB
Ilustrasi bawang merah Ilustrasi bawang merah

KOMPAS.com - Selain membuat masakan terasa gurih dan harum, ada "segudang" manfaat bawang merah yang berguna untuk kesehatan.

Bahan masakan yang lezat dijadikan bawang goreng ini, ternyata rendah kalori, bebas lemak, mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral.

Bawang merah diperkirakan berasal dari Tiongkok, Asia Tengah, atau Asia Tenggara. Bahan ini sudah ada sekitar tahun 2000 SM.

Bawang merah bahkan telah lama menjadi bahan pokok masakan Mediterania, Perancis, Amerika, dan Belanda.

Umbi-umbian ini sering digunakan sebagai salah satu bahan dalam saus salad (dressing), tumis-tumisan, bumbu gorengan, dan saus guna menambah rasa.

Baca juga: Manfaat Bawang untuk Cegah Kanker Payudara

Berikut ini adalah beragam manfaat bawang merah berdasarkan kandungannya, seperti dikutip dari laman Alodokter.

Vitamin C

Bawang merah mengandung vitamin C. Beragam manfaat vitamin C, di antaranya, membantu melindungi, dan menjaga sel-sel tubuh agar tetap sehat.

Lalu, vitamin C juga membantu pembentukan kolagen, dan mengandung antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, bahan kimia beracun, dan polusi.

Vitamin C juga berperan untuk memelihara tulang, otot, dan pembuluh darah. Juga, meningkatkan penyerapan zat besi oleh tubuh.

Vitamin B6

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X