Sering Dianggap Menakutkan, Apa Itu Kolesterol?

Kompas.com - 29/11/2019, 05:21 WIB
Ilustrasi pengukuran kolesterol designer491Ilustrasi pengukuran kolesterol
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kolesterol memang seringkali jadi penyebab berbagai gangguan di tubuh, seperti penyakit jantung hingga tekanan darah tinggi. Sehingga, tidak heran jika kebanyakan orang menganggap kolesterol hanyalah komponen jahat yang merusak tubuh.

Padahal, pada kenyataanya, kolesterol adalah komponen yang penting untuk tubuh. Dalam jumlah yang cukup, kolesterol akan membantu berbagai fungsi di tubuh berjalan dengan baik. Kolesterol baru akan merugikan apabila jumlahnya berlebihan.

Sebenarnya, apa itu kolesterol?

Kolesterol adalah komponen yang konsistensinya mirip seperti lemak atau lilin dan bisa ditemukan di semua sel di tubuh. Dalam jumlah yang cukup, kolesterol dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi hormon, vitamin D, dan komponen lain yang digunakan untuk mencerna makanan.

Baca juga: Mengapa Penting Menjaga Kadar Kolesterol Baik?

Tubuh kita secara alami, sudah memproduksi kolesterol dengan sendirinya. Sehingga, tambahan kolesterol dari makanan sebenarnya tidak dibutuhkan.

Lagipula, makanan tinggi kolesterol biasanya kaya akan lemak jenuh, yang bisa meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit berbahaya, termasuk serangan jantung.

Jenis-jenis kolesterol yang ada di dalam tubuh

Kolesterol tidak selalu memberikan dampak buruk untuk tubuh. Sebab, kolesterol sendiri pun dibagi menjadi beberapa jenis. Karena pembagian inilah kemudian muncul istilah kolesterol jahat dan kolesterol baik. 

Lebih lengkap, berikut ini jenis-jenis kolesterol yang ada di tubuh kita.

1. Low Density Lipoprotein (LDL)

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X