Sebagian Milenial Masih Percaya HIV Bisa Menular Lewat Pelukan

Kompas.com - 29/11/2019, 07:05 WIB
Ilustrasi HIV/AIDS SHUTTERSTOCK/HAFIEZ RAZALIIlustrasi HIV/AIDS

KOMPAS.com - HIV (Human Immunodeficiency Viruses) adalah salah satu penyakit yang telah dikenal luas di seluruh dunia. Sayangnya, orang-orang dengan infeksi tersebut masih mengalami stigma, terutama di A.S., terlepas dari upaya puluhan tahun untuk menyebarkan kesadaran tentang bagaimana penyakit itu menyebar dan memengaruhi tubuh.

Sebuah survei baru yang didukung oleh Merck dan Kampanye Akses Pencegahan menunjukkan bahwa 23 persen dari milenial HIV-negatif dan 41 persen Gen Z HIV-negatif sama sekali tidak diberitahu atau "hanya sedikit" diberi informasi terkait infeksi HIV.

Kurangnya kesadaran tersebut, menyebabkan banyak orang menghindari interaksi sosial dengan pasien HIV.

Sekitar 28 persen generasi milenial mengatakan mereka selama ini menghindari berpelukan, berbicara, atau pun berteman dengan orang dengan HIV.

Baca juga: Selain HIV, Ini Penyakit akibat Hubungan Seks Tak Aman

Hampir 50 persen dari semua responden, berusia 18 hingga 36, percaya bahwa seseorang yang viral loadnya abnormal dapat menularkan HIV.

Namun menurut Departemen Kesehatan dan Layanan Masyarakat, orang dengan HIV hanya dapat menularkan virus melalui kontak langsung dengan cairan tubuh tertentu, seperti darah dan air mani.

Temuan ini berasal dari survei online terhadap 1.596 orang milenial dan generasi Z di AS. Setengah dari responden telah didiagnosis dengan HIV.

Menurut Bruce Richman, direktur eksekutif Kampanye Akses Pencegahan, laporan tersebut harus mengingatkan publik dan pemerintah bahwa krisis AIDS masih berlangsung.

“Meskipun ada kemajuan ilmiah dan adanya advokasi dan pendidikan HIV selama puluhan tahun, para dewasa muda tampaknya tak mendapat pengetahuan secara efektif tentang pengetahuan dasar HIV,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Kenali Mitos dan Fakta HIV/AIDS, Biar Tak Gampang Kasih Stigma

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber NBC News
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X