Kompas.com - 29/11/2019, 08:54 WIB
Potret kebersamaan aktris Sandra Dewi bersama putranya, Raphael Moeis yang diunggah ke akun Instagram @raphaelmoeis. Instagram @raphaelmoeisPotret kebersamaan aktris Sandra Dewi bersama putranya, Raphael Moeis yang diunggah ke akun Instagram @raphaelmoeis.

KOMPAS.com – Kembali hamil anak kedua ketika anak pertama masih menyusui membuat aktris Sandra Dewi memiliki pengalaman menarik dalam hal pemberian ASI (Air Susu Ibu).

Sandra bercerita, anak pertamanya Raphael, belum genap berusia setahun dan masih menyusui ketika ia mengetahui dirinya hamil anak kedua. Padahal, sejak awal ia berencana memberikan ASI sampai usia anaknya dua tahun.

Akhirnya ia pun pelan-pelan mulai mengurangi pemberian ASI ke Rapha, panggilan sayang Raphael yang kini berusia 22 bulan.

“Ketika hamil saya memang masih tetap menyusui, tetapi saat Rapha berusia setahun pelan-pelan dikurangi, sampai enam bulan kemudian benar-benar distop,” ujar Sandra yang ditemui di acara ulang tahun kedua aplikasi Teman Bumil di Jakarta (28/11).

Karena Rapha sudah mendapatkan makanan pendamping ASI, maka Sandra merasa kecukupan gizinya sudah bisa dipenuhi dari makanan. Walau tidak menyusui secara langsung, tetapi Rapha tetap diberikan ASI dari freezer, lalu beralih ke susu formula.

“Karena usianya sudah setahun, jadi mulai dikasih camilan, makanan dan lain-lain. Apalagi Rapha termasuk happy baby,” kata istri dari pengusaha Harvey Moeis ini.

Baca juga: Rasa Bersalah Sandra Dewi karena Jarak Melahirkan Anak Terlalu Dekat

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk anak keduanya, Mikhael, yang baru berusia dua bulan, Sandra juga berniat akan tetap memberikan ASI sampai dua tahun.

Sandra pun sangat memperhatikan asupan makanannya agar ASI-nya berkualitas, terlebih Mikhael juga sangat aktif menyusu.

“Dia menyusu satu jam sekali. Jadi habis menyusu langsung kanan kiri, enggak cukup, ditambah dengan yang dipompa. Makanya sekarang baru dua bulan beratnya sudah 7 kg,” katanya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Weeekend ???? #raphaelmoeis#22monthsold#mikhaelmoeis#2monthsold

A post shared by Sandra Dewi (@sandradewi88) on Nov 16, 2019 at 1:57am PST

Meski sudah menjadi ibu, Sandra tetap masih aktif bekerja. Ia pun selalu menyiasati agar manajemen ASI bayinya tetap lancar.

“Memberi ASI itu dibutuhkan niat ibu. Kalau sedang kerja, aku selalu menyempatkan mompa. Di bandara juga mompa. Sebagai ibu kita harus usaha, niat, walau cuma dua tahun, berikan yang terbaik demi anak,” katanya.

Berbeda dengan pengalaman menyusui anak pertama yang sempat membuatnya trauma karena putingnya berdarah, kini Sandra mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk Mikhael.

Ia pun kini merasa lega karena tumbuh kembang Raphael sesuai dengan usianya dan yang kedua pun terus ia pantau kesehatannya agar tumbuh sehat.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.