Alelia Murphy, Manusia Tertua di AS Tutup Usia

Kompas.com - 29/11/2019, 12:34 WIB
Alelia Murphy (paling kanan), berfoto bersama anaknya Rose Green (kiri) dan cucunya Nefer Nekhet (tengah).  VIA goodmorningamerica.comAlelia Murphy (paling kanan), berfoto bersama anaknya Rose Green (kiri) dan cucunya Nefer Nekhet (tengah).

KOMPAS.com - Beberapa bulan setelah dinobatkan sebagai manusia tertua yang masih hidup di Amerika Serikat, warga New York, Alelia Murphy, meninggal dalam usia 114 tahun.

Kematian Murphy diumumkan Rabu (27/11/2019) waktu setempat oleh United Healthcare Workers East -organisasi serikat yang sempat menghadiri perayaan ulang tahun permepuan itu pada 6 Juli lalu.

"Dengan rasa duka cita yang mendalam kami berbagi berita tentang meninggalnya Alelia Murphy."

"Sebelumnya, Murphy adalah warga AS tertua yang masih hidup. Dia sempat merayakan ulang tahunnya yang ke 114 pada bulan Juli lalu dengan, dikelilingi keluarga, teman, tokoh masyarakat, dan juga kami anggota kaukus AFRAM."

Demikian bunyi pernyataan yang dipublikasikan kelompok tersebut melalui akun Facebook.

Baca juga: Anne Lorimor, Nenek 89 Tahun Pendaki Tertua Puncak Kilimanjaro

Capaian bersejarahnya dirayakan bersama keluarga dan teman-temannya, serta diverifikasi oleh Gerontology Research Group (GRG), sebuah basis data yang mencatat manusia tertua di dunia.

Di pesta ulang tahunnya, yang diadakan di Harlem State Office Building di New York, Murphy memberikan petuah saat ditanya soal rahasia hidup panjang umur.

"Perlakukan orang lain dengan benar," kata dia kala itu.

Murphy lahir di North Carolina, 6 Juli 1905 -hanya beberapa tahun sebelum mobil Model T pertama diperkenalkan oleh Henry Ford pada tahun 1908.

Baca juga: Menarik, Orang-orang Tertua di Dunia Mungkin Sebenarnya Tak Setua Itu

Putri Murphy, Rose Green, mengatakan ibunya tumbuh besar di era hak-hak pra-sipil, hingga harus minum dari sumber air yang terpisah, atau pun masuk ke toko-toko dan restoran melalui pintu belakang.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X