Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/11/2019, 20:20 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Istri pasti selalu mencari cara untuk dapat memuaskan suaminya, mulai dari mempercantik diri sampai menjaga kesehatan organ intim.

Para wanita mungkin pernah mendengarkan mengenai vagina yang bisa longgar yang dianggap dapat mengurangi kepuasaan saat behubungan seksual dengan pasangannya.

Akan tetapi, apakah fenomena ‘vagina longgar’ adalah sesuatu yang benar adanya dan apakah memang ada cara merapatkan vagina yang longgar? Penasaran dengan jawabannya? 

Apakah cara merapatkan vagina perlu diterapkan?

Cara merapatkan vagina dicari-cari oleh para wanita yang menganggap bahwa dirinya memiliki vagina yang ‘longgar’. Faktanya, vagina adalah organ yang sangat elastis karenanya para wanita tidak perlu khawatir bahwa organ intimnya akan melonggar.

Organ intim wanita memang bisa berubah-ubah seiring berjalannya waktu, tetapi hal tersebut tidak berarti vagina akan kehilangan elastisitasnya. Oleh karenanya, kamu tidak perlu mencari tahu cara merapatkan vagina.

Salah satu mitos lain seputar vagina ‘longgar’ yang sering dipercayai oleh masyarakat adalah bahwa sering berhubungan seksual atau berhubungan intim dengan banyak orang bisa membuat vagina menjadi ‘longgar’.

Faktanya, organ intim wanita tidak akan menjadi longgar hanya karena sering berhubungan seksual.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa beberapa faktor bisa berkontribusi dalam membuat vagina menjadi sedikit berkurang elastisitasnya. Usia dan melahirkan anak adalah dua faktor yang mempengaruhi elastisitas vagina.

Akan tetapi tidak berarti vagina akan menjadi tidak elastis sepenuhnya. Para wanita tidak perlu khawatir karena hal tersebut adalah hal yang normal dan terjadi secara alamiah.

Bila kamu memiliki masalah dalam berhubungan intim dengan suami dan merasa bahwa vagina ‘longgar’, kamu bisa mencoba posisi lain saat berhubungan seksual atau berkonsultasi dengan dokter untuk menjalani pemeriksaan.

Baca juga: Adakah Bentuk Vagina yang Ideal?

Apakah ada cara merapatkan vagina?

Tidak ada cara merapatkan vagina karena vagina pada dasarnya tidak perlu dirapatkan. Namun, para wanita bisa menerapkan cara untuk menguatkan otot vagina alih-alih mencari tahu cara merapatkan vagina.

Oleh karenanya, cara merapatkan vagina akan lebih merujuk pada cara menguatkan otot pada organ intim. Bila kamu ingin menguatkan otot vagina, maka kamu perlu melatih otot pelvis atau otot panggul.

Otot panggul adalah otot yang digunakan berperan untuk menyokong kantong kemih, saluran kandung kemih, dubur, dan usus kecil. Otot ini bisa melemah seiring bertambahnya usia atau seusai melahirkan.

Halaman:
Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com