Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2019, 14:00 WIB
Nabilla Tashandra,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di masyarakat masyarakat beredar banyak sekali mitos tentang kehamilan. Termasuk salah satunya adalah ibu hamil dilarang makan nanas atau durian karena dikhawatirkan mengalami keguguran.

Anggapan tersebut ternyata sebatas mitos. Ibu hamil sebetulnya masih diperbolehkan mengonsumsi nanas dan durian.

Baca juga: Bolehkah Makan Nanas Saat Sedang Hamil?

"Kandungan nutrisi dalam nanas justru baik sekali. Ada Vitamin C, zat besi, asam folat, magnesium, tembaga, dan lainnya yang baik untuk ibu hamil."

ahli gizi dari multivitamin YOUVIT, Rachel Olsen dalam peluncuran YOUVIT MultiMum di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Jumat (29/11/2019).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra ahli gizi dari multivitamin YOUVIT, Rachel Olsen dalam peluncuran YOUVIT MultiMum di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Jumat (29/11/2019).

Demikian diungkapkan oleh ahli gizi dari multivitamin YOUVIT, Rachel Olsen dalam peluncuran YOUVIT MultiMum di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Jumat (29/11/2019) kemarin.

Begitu pula dengan durian. Durian memiliki kadar kolesterol nol dan justru mengandung asam lemak omega 3 alias lemak baik.

Namun, kata Rachel, porsi konsumsi nanas dan durian bagi ibu hamil memang perlu dijaga. Sebab, nanas dan durian memiliki angka kalori dan indeks glikemik yang tinggi serta rendah serat.

Selain nanas dan durian, jenis buah lainnya yang juga tinggi kalori dan indeks glikemik adalah semangka, mangga, dan pisang.

Baca juga: Bolehkan Penderita Diabetes Makan Mangga?

"Yang penting asupan dan porsi dijaga. Satu mangkuk (sehari) atau tiga biji durian saja. Jangan lebih," tutur dia.

Para ibu hamil disarankan lebih memperbanyak konsumsi buah tinggi serat, seperti alpukat, pir, apel, berries, dan lainnya.

Sebab, kebutuhan serat pada ibu hamil cenderung lebih tinggi karena mudah mengalami sembelit.

"Karena ketika hamil kan (bayi) mendorong usus karena butuh ruang. Mendorong usus sehingga susah mengeluarkan makanan yang ada di usus, makanya perlu serat lebih banyak," kata Rachel.

Namun, secara umum Rachel mengingatkan agar para ibu hamil tidak lupa memastikan buah-buahan yang akan dikonsumsi tercuci bersih dan merebus sayuran yang akan disantap.

"Buah lebih baik dicuci bersih dulu, sayuran juga jangan sampai terlalu mentah dan tidak benar-benar dicuci," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com